Home  / Khazanah
Mengapa Puasa Dilarang saat Idul Fitri dan Idul Adha?
Rabu, 27 Mei 2020 | 06:20:10
(Foto: Shutterstock)
Ilustrasi
NABI Muhammad SAW melarang umatnya berpuasa pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Larangan berpuasa pada hari tersebut bersandar pada hadits Rasulullah SAW yaitu:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضى الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ صِيَامِ يَوْمَيْنِ يَوْمِ الأَضْحَى وَيَوْمِ الْفِطْرِ


Artinya: "Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang dari puasa pada dua hari: Idul Fitri dan Idul 'Adha," (HR. Muslim no. 1138).

Inilah alasan mengapa muslim tidak dianjurkan untuk berpuasa saat lebaran, sebagaimana dikatakan ulama Saudi, Syaikh Ibnu Utsaimin yang menyebutkan:

"Kebijaksanaan tidak mempersembahkan puasa pada hari Idul Fitri adalah bahwa hari Idul Fitri adalah hari berbuka puasa dari Ramadhan, dan Ramadhan tidak dapat ditentukan (dipilih) kecuali dengan berbuka puasa (tidak puasa) pada hari lebaran," demikian kata Syaikh Ibnu Utsaimin, menukil dari laman aboutislam.net.


Adapun berkenaan dengan Idul Adha, larangan tersebut dikarena pada saat itu adalah momentum hari pengorbanan, dan jika orang berpuasa maka mereka telah bertentangan dengan perintah Allah SWT dalam Surah Al-Hajj ayat 28 yang berbunyi:

لِّيَشۡهَدُواْ مَنَٰفِعَ لَهُمۡ وَيَذۡكُرُواْ ٱسۡمَ ٱللَّهِ فِىٓ أَيَّامٍ مَّعۡلُومَٰتٍ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُم مِّنۢ بَهِيمَةِ ٱلۡأَنۡعَٰمِ فَكُلُواْ مِنۡهَا وَأَطۡعِمُواْ ٱلۡبَآئِسَ ٱلۡفَقِيرَ

Artinya: "Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir," (QS. Al-Hajj: 28).

(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125 Dampingi Guru Saat Pendaftaran Siswa Baru
Sadis, Ketua RT di Palmerah Dibunuh saat Mendata Bantuan untuk Warga
Ragam Kritik untuk Nadiem soal Buka Sekolah di Tengah Corona
Fenomena Alam di Tengah Pandemi: Ada Kiamat Serangga!
Kala Negara Ramai-ramai Rilis Pedoman Seks saat Pandemi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter