Home  / Khazanah
Ini Kata MUI soal Pahala Silaturahmi Virtual Idul Fitri saat Pandemi Virus Corona
Minggu, 24 Mei 2020 | 23:01:44
istimewa
JAKARTA - Idul Fitri tahun ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagian besar umat muslim di Indonesia harus menjalani lebaran bersama keluarga dengan jarak jauh atau lebaran virtual. Pemerintah telah melarang masyarakat untuk mudik demi mengurangi penyebaran virus corona.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas mengungkapkan bahwa pahala yang didapatkan oleh setiap orang, sama meskipun harus silaturahmi secara virtual. Menurutnya untuk melunturkan dosa manusia yang paling penting adalah ketulusannya saling memaafkan.

"Melunturkan dosa-dosa kita tidak harus dengan berjabat tangan, tapi orang yang kita sakiti itu memaafkan. Tapi memang sikap memaafkan biasanya diiriingi dengan berjabat tangan. Sebagai simbol kesepakatan. Untuk saat ini yang paling penting kerelaan," kata Anwar saat diwawancarai iNews TV, Minggu (24/5/2020).

Anwar juga mengatakan untuk menghapus dosa terhadap manusia memang perlu meminta maaf langsung dan kembali fitri di hari lebaran ini.

"Tuhan sudah menjanjikan barangsiapa yang menjalani puasa ramadan maka Allah akan mengampuni dosa-dosa terdahulu itu yang diampuni Allah doda kita kepada-Nya. Dosa kita kepada manusia, Tuhan tidak bisa mengampuninya, yang bisa mengampuni kepada siapa kita berbuat salah," imbuh Anwar.

"Sehingga waktu idul fitri kita menjadi manusia yang suci dan bersih karena dosa kita kepada Allah sudah habis dan kepada sesama diampuni," imbuh Anwar. 


(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Wagubri Hadiri Silaturrahmi Majelis Pemuka Masyarakat Riau dan FKPMR
Pemprov Minta BPR Kembalikan Utuh Sebesar Rp300 Ribu BLT Warga Pekanbaru
Anggota DPRD Siak Indra Gunawan Silaturahmi ke Kantor IW-SPS Sungai Apit
Kadisdik Riau Ingatkan Para Guru Evaluasi Pembelajaran Secara Virtual
Cara Unik Imam Masjid di Amerika Beri Peringatan soal Covid-19

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter