Home  / Khazanah
Berimajinasi Lewat Masjid Mashkhur Jusup di Kazakhstan
Kamis, 21 Mei 2020 | 22:35:52
Ilustrasi. Masjid Mashkhur Jusup yang terletak di Pavlodar, Kazakhstan, seolah mengajak siapa saja yang melihatnya untuk berimajinasi. (Filyushin Dmitry via Wikimedia Commons (CC-BY-3.0))
JAKARTA - Sulit rasanya untuk menahan mulut tak ternganga saat melihat Masjid Raya Mashkur Jusup. Masjid yang terletak di Pavlodar, Kazakhstan, ini begitu unik. Siapa saja yang melihat seolah dipersilakan berimajinasi.

Masjid Mashkur Jusup menjadi salah satu masjid terbesar di Kazakhstan. Masjid berdiri di atas lahan seluas 6 hektare dan mampu menampung kurang lebih 1.500 jemaah.

Bentuknya yang unik membuat siapa saja yang melihatnya berimajinasi. Bila dilihat dari luar, masjid berwarna toska ini terlihat seperti topi tentara Jepang zaman dahulu. Bangunan masjid seakan seperti topi dan pintu berbentuk kotak terlihat bak wajah yang sedikit tertutup malu-malu.

Mashkur Jusup dirancang oleh tim dari Almaty Gipro Gor Institute yang merupakan pusat kajian arsitektur yang bermarkas di ibu kota Kazahstan.

Pembangunan Mashkhur Jusup selesai pada tahun 2001 silam. Nama masjid tersebut diambil dari sejarawan dan penyair asal Kazakhstan, Mashkhur Jusup.

Dasar bangunan ini berbentuk segi delapan dengan diameter 48 meter yang mengerucut ke atas seperti dome.

Sementara tinggi masjid mencapai 63 meter. Tinggi bangunan tersebut dipilih sebagai simbol Nabi Muhammad SAW yang hidup selama 63 tahun.

Kemudian pada bagian interior masjid, terdapat lampu-lampu kristal yang menerangi ruangan. Lampu itu umum disebut zumrad yang tersebar sebanyak 434 lampu di dalam masjid.

Bukan hanya untuk beribadah, lantai dasar masjid ini juga sering digunakan untuk kegiatan lain seperti acara pernikahan. 

(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Besok, Masjid Agung Ulul Azmi Pelalawan Kembali Dibuka Untuk Shalat Berjamaah
New Normal, Masjid Raya An Nur Provinsi Riau Kembali Dibuka
JK: Masjid Boleh Dibuka jika PSBB Berakhir
DMI Serukan Buka Masjid untuk Ibadah Lima Waktu dan Jumatan
Takbir Menggema Saat Masjid Al-Aqsa Dibuka, Jamaah Sujud Syukur Massal

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad