Home  / Khazanah
Keistimewaan Hari Jumat sebagai Sayyidul Ayyam, Salah Satunya Dikabulkannya Doa
Jumat, 24 Januari 2020 | 12:37:31
(Foto: Askgramps)
Ibadah Salat Jumat
Humas Masjid Lautze, Ustadz Yusman Iriansyah mengatakan, Hari Jumat merupakan waktu yang sangat istimewa bagi umat Islam, sayyidul ayyam atau rajanya hari karena pada hari itu terdapat keutamaan-keutamaan dan keberkahan.

"Hari Jumat itu adalah Hari Raya untuk umat Islam, dikenal juga hari yang penuh keberkahan (Jumat Barokah)," katanya saat dihubungi Okezone, Jumat (24/1/2020).

Senada dengan Ustadz Yusman, Ketua Bidang Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Abdullah Jaidi mengatakan, Hari Jumat memiliki banyak keberkahan dan pahala-pahala akan mengalir karena banyaknya amalan yang dilakukan pada hari tersebut.

"Keistimewaan Hari Jumat pun tertulis dalam ayat-ayat Alquran. Yakni diisi dengan amalan-amalan baik," ujarnya

Bukan hanya itu saja, terang Kiai Abdullah Jaidi, waktu yang sangat tepat dikabulkannya doa-doa setiap muslim karena Allah membuka pintu doa dan harapan seluas-luasnya saat Hari Jumat.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, pada Hari Jumat para malaikat bershalawat dan berdoa kepada Allah SAW, yakni mendoakan umat Islam supaya diberi keberkahan dan keselamatan.

Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا


Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (Al-Qur'an ; Surat Al-Ahzab 56).

Pada Hari Jumat juga akan diperlihatkan kedudukan yang istimewa bagi muslim yang bershalawat kepada Rasulullah SAW. Seperti dijelaskan dalam riwayat hadist berikut ini:

من صلى علي في يوم الجمعة الف مرة لم يمت حتى يرى مقعده فى الجنة

Artinya: "Barang siapa membaca shalawat atasku pada hari Jumat seribu kali, maka ia tidak mati kecuali akan diperlihatkan kedudukannya di surga."

(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ada Harimau Melintas, BBKSDA Riau Pasang Kamera Trap di Tol Muara Fajar
Tim Mitigasi Konflik BBKSDA Riau Tinjau Lokasi Penampakan Harimau Sumatera Di Pelalawan
Prajurit Satgas Yonif 411 Kostrad Rayakan Hari Raya Galungan di Papua
Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam Jadi Komandan Upacara Hari Kesadaran Nasional
Polda Riau Tangkap 3 Tersangka Perdagangan Organ Harimau Sumatera di Inhu

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad