Home  / Khazanah
Jumat Berkah, Ini Imbalannya Jika Bershalawat di Sayiddul Ayyam
Jumat, 29 November 2019 | 10:10:18
Ilustrasi. Foto: Shutterstock
JUMAT merupakan salah satu waktu yang tepat untuk memperbanyak amal saleh, sebab ini adalah hari yang istimewa karena Allah SWT akan mengabulkan doa-doa hambaNya pada waktu tersebut.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin, mengatakan, Jumat berkah ini juga disebut sebagai rajanya hari, dan tentunya keberkahan pada waktu tersebut sangat berlipat ganda.

"Hari yang dijadikan Sayiddul Ayyam atau rajanya hari-hari, di dalamnya Allah juga memberikan banyak Fadhilah atau keutamaan, keistimewaan waktu-waktu di dalamnya" katanya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, siapa saja yang membacakan salawat Rasulullah pada Jumat, maka shalawat itu akan menjadi syafaat baginya pada hari kiamat.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (Alqr'an; Surat Al-Ahzab 56).

Terdapat juga hadist lainnya. Rasulullah SAW bersabda:

من صلى علي في يوم الجمعة الف مرة لم يمت حتى يرى مقعده فى الجنة


Artinya: "Barang siapa membaca shalawat atasku pada hari Jumat seribu kali, maka ia tidak mati kecuali akan diperlihatkan kedudukannya di surga."

Lebih lanjut dalam artikel Okezone sebelumnya dibahas amalan sunaj Jumat, selai bershalawat. Amalan itu yakni memotong kuku, membersihkan diri, dan mandi Jumat.

Amalan lainnya yaitu menggunakan parfum, memakai pakaian terbaik yang dimiliki untuk ke masjid, pergi ke masjid pada awal waktu, melaksanakan salat sunah usai Salat Jumat, serta memperbanyak doa.


(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad