Home  / Khazanah
Kisah Nabi Saleh dan Tukang Tato
Senin, 14 Oktober 2019 | 06:18:03
Banyak sekali kisah nabi yang bisa diambil hikmahnya bagi umat Islam saat ini. Salah satunya kisah Nabi Saleh AS yang dikisahkan Al-'Allamah al-Yafi' dalam kitabnya at-Targhib wa tarhib.

Pada masa Nabi Saleh, hiduplah seorang tukang tato yang suka merusak pakaian orang-orang. Lalu sekelompok orang yang tak suka pada tukang tato tersebut menemui Nabi Saleh. Mereka berkata, "Wahai nabiyallah, doakan orang (tukang) tato itu agar ditimpa musibah karena dia suka merusak pakaian-pakaian kami."

Nabi Saleh pun lalu berdoa agar tukang tato tersebut pulang dalam keadaan tidak selamat. Namun, sore harinya Nabi Saleh kaget melihat tukang tato tersebut pulang dengan membawa bundelan dan kondisinya selamat. Padahal di dalam bundelan itu bersarang seekor ular yang ganas dan berbisa.

Lalu Nabi Saleh bertanya, "Wahai tukang tato, apa yang kamu lakukan tadi pagi sebelum berangkat?"

Tukang tato menjawab, "Saya berangkat dengan membawa dua buah roti, satu roti saya sedekahkan kepada orang, dan satu roti saya makan."

Lalu Nabi Saleh berkata, "Benar, Allah telah menyelamatkan kamu dari bahaya malapetaka ular yang bersembunyi di dalam bundelan yang kamu bawa lantaran sedekah yang kamu lakukan. Pergi, dan bertaubatlah."

Kemudian tukang tato itu pun bertaubat dan tidak melakukan kejahatan yang dia lakukan lagi seperti merusak pakaian.

Seperti dilansir dari website resmi Pondok Pesantren Tebuireng, sejatinya sedekah tak hanya berlipat ganda pahalanya. Orang yang rajin sedekah akan dihindarkan dari beragam bencana dan malapetaka. Rasululllah SAW bersabda,

"Obatilah, orang-orang sakit kalian dengan sedekah."

Sungguh luar biasa keajaiban sedekah. Saking luar biasanya, Ibn Qayyim dalam kitabnya zaadul ma'ad mengatakan,

"Dalam bersedekah banyak hal luar biasa, termasuk menolak beragam bencana dan penyakit. Sekalipun yang melakukan sedekah adalah orang yang durhaka ataupun orang yang banyak menganiaya."

Mengingat banyaknya manfaat sedekah, pengarang kitab tanbihul ghofilin, Imam Samarqandi mengatakan,

"Biasakanlah kamu untuk terus bersedekah, baik dalam jumlah kecil maupun jumlah yang besar karena dalam sedekah ada sepuluh manfaat. Lima manfaat yang akan kamu peroleh ketika di dunia dan lima manfaat ketika di akhirat kelak."


Lima manfaat yang akan diperoleh di dunia adalah mensucikan harta, mensucikan badan dari perbuatan dosa, dapat menolak beragam bencana dan penyakit, membahagiakan orang miskin, dan menjadikan harta kekayaan berkah, serta rezeki menjadi melimpah.

Sedangkan manfaat yang diperoleh di akhirat kelak adalah sedekah menjadi pelindung dari sengatan panasnya matahari kelak, mendapat ridha Allah, membantu melewati shirath (jembatan), dan mengangkat ketinggian derajat di surga kelak.

Marilah kita budayakan gemar sedekah dalam kondisi apapun. Sebab di antara ciri orang yang bertakwa adalah orang yang tetap bersedekah ketika sempit atau lapang, ketika suka ataupun duka, sebagaimana firman Allah dalam surah Ali Imran ayat 133-134;


وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ (١٣٣) الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ (١٣٤

Jangan sampai datang penyesalan di belakang. Sebagaimana firman Allah:

وَأَنفِقُوا مِن مَّا رَزَقْنَاكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ الصَّالِحِينَ

"Dan berinfaklah kalian dari apa yang Kami rizekikan kepada kalian sebelum kematian datang kepada salah satu di antara kalian, lalu ia berkata, wahai Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan kematianku sampai waktu yang dekat yang menyebabkan saya bisa bersedekah dan saya termasuk golongan orang-orang yang saleh."

(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kapten Inf Sulaiman Hadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Raya Riyadul Muttaqin
Mengenal Fathimah binti Asad, Perempuan yang Selalu Memuliakan Rasulullah
Sejarah Maulid Nabi, Kisah Kelahiran Nabi Muhammad SAW
Peringati Maulid Nabi, Gubri Ajak Teladani Sifat Nabi Muhammad
Ucapan, Doa, dan Selawat pada Peringatan Maulid Nabi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad