Home  / Khazanah
Orang Tua Maksa Kerja di Bank, Apakah Riba? Ustaz Abdul Somad Menjawab
Kamis, 22 Agustus 2019 | 22:06:43
Photo : U-Report
Uztad Abdul Somad.
Ceramah Ustaz Abdul Somad kerap kali menjadi rujukan bagi sebagian muslim di Indonesia. Tak heran banyak jemaah yang bertanya kepada mubalig asal Sumatera ini melalui media sosial, dalam beberapa forum kajian Islam. 

Salah satu yang menarik Ustaz Abdul Somad pernah ditanya seseorang melalui Instagram soal bagaimana hukum bekerja di salah satu bank. Apakah termasuk riba juga?

Jemaah yang bertanya itu curhat kala itu kondisinya sedang dilematis. Dia sangat butuh pekerjaan dan kebetulan mendapatkan tawaran dalam posisi administrasi dalam sebuah bank. Sayang penanya ini bingung, mau diambil pekerjaan itu tapi khawatir menjadi bagian dari riba. Sementara di sisi lain, dia orang tuanya memaksanya untuk mengambil kesempatan tersebut.

Ustaz Abdul Somad menjawab pertanyaan itu dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan HR. Muslim yaitu La'alanallahu wa akila riba, wa mukilagu, wa katibahu, wa syahidaihi, wa kaala hum sawa'.

"La'alanallahu wa akila riba, Allah melaknat orang yang makan riba. Wa mukilahu, dan yang diberi makan riba, wa katibahu pegawainya penulisnya, wa syahidaihi dan dua saksinya,   
wa kaala hum sawa' itu semuanya (sama)" jelas Ustaz yang akrab disapa UAS tersebut dikutip dari saluran YouTube-nya, Kamis 22 Agustus 2019.

Berdasarkan hadis tersebut, UAS menegaskan, hukum riba sudah sangat jelas. Bagaimana jika kondisi kepepet dan orang tua memaksa untuk bekerja di bank sebagaimana kasus jemaah tersebut? UAS tegas mengatakan tetap artinya tercebur dalam riba. 

"Hai orang tua yang maka anakmu, engkau sedang diberi makanan haram. Banyak yang takut kena api, tapi tak banyak yang takut menyuapkan memasukkan api ke dalam mulutnya. Maka banyak pesan orang saleh, ulama ingatkan pesan dalam Alquran, ittakullah takutlah pada Allah," kata UAS. 

Bagaimana menurutmu guys dengan jawaban UAS tersebut?

(viva.co.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Polri Lepas Tangan soal Kompol Rossa Penyidik Harun Masiku
DPRD Riau Akui Pembagian Mitra Kerja Penyebab Tatib Lambat Disahkan
Golongan yang Tak Diajak Allah Bicara di Hari Akhir, Pertama Pelaku Zina
Bale Dipulangkan Madrid karena Idap Penyakit Langka
Harvard Law School Sebut Alquran sebagai Sumber Hukum yang Adil

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad