Home  / Khazanah
Cara Mendapatkan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar
Selasa, 28 Mei 2019 | 12:28:08
Ilustrasi. (REUTERS/Danish Siddiqui)
JAKARTA - Salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah adanya malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar adalah malam yang penuh berkah dan disebut lebih baik dari malam seribu bulan. Tak setiap orang bisa mendapatkan keberkahan malam lailatul qadar, hanya orang tertentu yang bisa meraihnya.

"Malam lailatul qadar disinggung Allah dalam Alquran dan memiliki keutamaan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan," kata ahli agama Islam Syafiq Hasyim kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Dalam Alquran surat Al Qadr ayat 1-5 dijelaskan pada malam lailatul qadar diturunkan Alquran. Malam itu penuh dengan kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu pula, turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril untuk mengatur segala urusan. Malam itu disebut sejahtera hingga terbit fajar.

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari juga disebutkan, keutamaan malam lailatul qadar adalah diampuni dosa-dosa yang telah lampau. 

Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan datangnya malam lailatul qadar. Namun, Nabi Muhammad SAW memberikan petunjuk bahwa malam lailatul qadar ada pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk mempersiapkan diri demi mendapatkan keistimewaan malam lailatul qadar.

"Kita harus mempersiapkan diri untuk mendapatkan lailatul qadar dengan meningkatkan mutu dan kualitas puasa kita," tutur Syafiq yang merupakan pengajar di Universitas Islam Negeri Jakarta 

Kualitas puasa dapat ditingkatkan dengan mengendalikan nafsu yang dapat menyebabkan kesempurnaan puasa menjadi berkurang.

Selain ibadah puasa, tingkatkan pula ibadah dan amalan lain seperti bersedekah, membaca Alquran, salat malam atau tahajud, dan iktikaf.

"Apabila sudah mampu melakukan ini, insyaallah kita bisa mendapatkan kemuliaan malam lailatul qadar," ujar Syafiq.

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
6 Dampak Hobi Ngemil di Malam Hari
Anggota Provost Kodim 0313/KPR Laksanakan Patroli Di Malam Ramadhan
Peringati Malam Nuzulul Qur’an, Santri Al Munawwir Tarawih 30 Juz
Antusiasme Masyarakat Muara Basung Ikuti Nuzul Qur’an 1440 H
Supermoon Terakhir di 2019 Terjadi Malam Ini

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad