Home  / Khazanah
Ingin Terkabul, Berdoalah pada Tiga Waktu Ini
Jumat, 3 Mei 2019 | 06:05:42
(Foto : Shutterstock)
Ada 3 waktu yang tepat untuk berdoa
Berdoa merupakan salah satu usaha untuk meminta dan memohon sesuatu kepada Allah SWT. Dalam Islam pun berdoa merupakan kegiatan beribadah yang sangat dianjurkan. Karena sebagai ciptaan-Nya kita hanya menyembah dan meminta kepada-Nya. Karena Allah mencintai hamba yang meminta kepadanya-Nya. Dengan berdoa juga akan membuat seseorang lebih tenang.

Setiap Umat Islam pasti ingin doa-doa yang mereka panjatkan di kabulkan oleh Allah SWT. Namun ternyata tidak semua doa-doa yang dipanjatkan masih belum dikabulkan. Karena itu kita sebagai umat Islam sebaiknya mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk memanjatkan doa-doa agar doanya dapat terkabul. Inilah waktu-waktu yang tepat untuk memanjatkan doa agar di kabulkan oleh Allah SWT.

Ada Tiga Waktu yang tepat dalam memanjatkan doa-doa agar dikabulkan yang disampaikan oleh Ustadz Arif Khuzaini, S.A., S.Pd.I, Guru sekaligus Wakil kepala dari Pondok Pesantren Tebuireng 2 Jombang.


1. Ketika Sahur atau Sepertiga Malam Terakhir

Sepertiga malam terakhir itu dimulai pada jam 00:30 dini hari. Sepertiga malam terakhir adalah waktu yang sangat istimewa untuk melakukan sholat tahajud dan berdoa kepada Allah. Sepertiga malam akhir adalah waktu yang penuh berkah, sebab pada saat itu Rabb kita Subhanahu Wa Ta'ala turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang berdoa ketika itu.

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ فِى اللَّيْلِ لَسَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Artinya: 

"Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do'a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR. Muslim no. 757)

2. Malam Lailatul Qadar

Selanjutnya waktu yang mustajab untuk berdoa adalah malam lailatul qadar. Malam Lailatul Qadar adalah malam diturunkannya Al Qur'an. Malam ini lebih baik dari pada malam 1000 bulan. Sebagaimana firman Allah SWT.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

lailatul-qadri khairum min alfi syahr

Artinya:

"Malam Lailatul Qadr lebih baik dari 1000 bulan" (QS. Al Qadr: 3)

Pada malam ini dianjurkan untuk memperbanyak ibadah termasuk memperbanyak doa. Dan barang siapa berdoa pada malam ini, maka dosanya akan dihapus.

3. Ketika turun Hujan

Sebagian orang akan merasa jengkel apabila hujan sedang turun, padahal hujan merupakan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Karena pada saat hujan turun, maka keberkahan juga akan turun dari langit. Waktu ini lah yang sangat mustajab untuk memanjatkan doa.

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Artinya:

"Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun" (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami', 3078)

"Tapi sebenarnya waktu-waktu yang mustajab dalam berdoa masih banyak bukan hanya tiga itu saja, seperti ketika Khatib duduk diantara dua Khutbah, atau mungkin setiap minggunya kita memiliki rajanya hari yaitu hari Jum'at. Ada juga Doa yang pasti dikabulkan adalah saat seseorangt menjadi musafir, dan saat sedang berpuasa. Sangat banyak dan waktu-waktu itu juga memiliki riwayat-riwayat yang berbeda" ucap Ustadz Arif Khuzaini saat diwawancarai oleh Okezone, beberapa waktu lalu.

(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Minimalisir Penyebaran Covid-19, Polsek Pangkalan Kuras, TNI dan Satpol PP Gelar Ops Yustisi
Amril Mukminin Tidak Pernah Pakai Uang dari PT CGA
DANKOOPSSUS TNI, Kunjungi Markas Korps Marinir
Terdapat Waktu Sangat Mujarab Berdoa Hari Jumat, Kapan Itu?
Aspers Panglima TNI: Administrasi Umum TNI Harus Seragam

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter