UCAPAN RAMADHAN RIAUEDITOR
Home  / Kesehatan
Studi: Orang dengan Golongan Darah A Lebih Berisiko Terpapar Virus Corona
Sabtu, 6 Maret 2021 | 16:55:13
(AFP)
Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC).
JAKARTA - Sebuah studi mengungkapkan bahwa virus Corona dapat lebih mudah menempel ke sel-sel saluran pernapasan orang dengan golongan darah A dibandingkan dengan mereka yang bergolongan darah B atau O. 

Menurut penelitian yang terbit di jurnal Blood Advances pada Rabu (3/32021) tersebut, orang dengan golongan darah A lebih mungkin untuk tertular COVID-19 dan mengembangkan gejala parah daripada golongan darah lainnya.

Hal ini lantaran adanya bagian dari virus Corona yang disebut dengan domain pengikat reseptor (RBD), yang secara langsung mengikat ke sel untuk memicu infeksi, juga menangkap molekul unik yang terkait dengan darah tipe A. 

Molekul-molekul tersebut dikenal sebagai antigen, yang muncul di sel-sel yang melapisi saluran pernapasan, termasuk paru-paru, seperti yang dikutip dari Live Science.

Berdasarkan keterangan salah satu penulis penelitian tersebut, secara teori, mengikat struktur ini dapat membantu virus Corona masuk dan menginfeksi sel-sel saluran napas dengan lebih mudah, tetapi hal tersebut belum dapat dipastikan. 

Dr. Sean Stowell, seorang ilmuwan dan dokter yang juga menjadi salah satu peneliti dalam riset tersebut mengatakan, timnya masih mempelajari apakah RBD yang dapat mengikat sel dan menangkap antigen orang dengan golongan darah A benar-benar memengaruhi kemampuan virus untuk masuk ke dalam sel dan apakah virus memengaruhi kemampuannya untuk melekat pada sel.

(sumber: liputan6.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ini Nama Asli Jozeph Paul Zhang, Pria yang Mengaku Nabi ke-26
JPU Tuntut Kurungan Penjara Terdakwa Pemalsu Tandatangan Menteri Lutfi
Selain Lumpuhkan Dunia Pendidikan, KKB Papua Lecehkan Adat Setempat
Polresta Pekanbaru Gelar Layanan Tes Swab Antigen Gratis di Pos Terpadu Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021
Pedagang dan Pengunjung Pasar Tak Pakai Masker, Dihukum Sanksi Sosial Bersihkan Pasar

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter