Home  / Kesehatan
Curhat Dokter Sulitnya Tangani Pasien Covid Komorbid Jantung
Rabu, 2 Desember 2020 | 14:26:43
Foto: Infografis/ Jangan Tertipu, Ini 10 Hoax Soal Covid-19
JAKARTA - Spesialis Jantung dan Pembuluh RS Pertamina Pusat, dr. Erica menyebut sebanyak 70-80% pasien yang berada dalam perawatannya terpapar Covid-19 dengan komorbid.

"Pada pasien dengan komorbid jantung dengan Covid-19, memang kita tahu dengan infeksi ini, Covid-19 ini infeksi yang menyebabkan sistemik problem," katanya dalam dialog produktif secara virtual di Jakarta, Rabu (2/12/2020).

Sehingga menurutnya, otomatis penanganan saat ada kasus jantung ditambah yang terinfeksi Covid-19 menjadi lebih sulit dibanding dengan pasien Covid-19 biasa. Menurutnya, prognosis lebih tidak baik dibanding tanpa Covid-19.

Adapun tantangannya, seorang dokter tak hanya bertugas menyembuhkan dari sisi medis. Apalagi jika gejala yang dialami pasien cukup berat.

"Saat pasien di rawat, jauh dari keluarga, tak bisa ditengok. Bertemu dengan tenaga medis, dengan pakaian lengkap. Kadang pasien down," ujarnya,

Sehingga, tantangan sebagai tenaga kesehatan, selain merawat pasien juga harus menyemangati terutama dari sisi psikologi. Sebab, kondisi pasien yang tidak stres dan bisa menjaga mood-nya, akan lebih mudah.

"Pasien dengan psikologi bagus, happy, semangat, menunjang proses penyembuhan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Indonesia masih berjuang untuk menyelesaikan pandemi Covid-19 dengan terus meningkatkan testing, tracing, dan treatment (3T). Upaya 3T akan sukses bila masyarakat konsisten melakukan 3M, yakni #memakaimasker, #menjagajarak, dan #mencucitangan pakai sabun serta air mengalir.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Susah Cari Rumah Sakit, Pasien COVID-19 Meninggal di Taksi Online
Pangdam XVII/Cenderawasih Terima Vaksin Covid-19 Tahap Pertama di Provinsi Papua
Sisihkan Gaji Sendiri, Sertu Mendrayani Bagikan Beras
Forkopimda Pelalawan Tetap Fit dan Bugar Pasca Disuntik Vaksin Sinovac, Ajak Masyarakat Tak Ragu dan Bimbang
Wagubri: Masyarakat Tidak Perlu Ragu Divaksin

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter