Home  / Kesehatan
7 Manfaat Bawang Dayak bagi Kesehatan: Atasi Diabetes hingga Cegah Kanker
Rabu, 2 September 2020 | 19:04:56
BAWANG DAYAK yang punya nama ilmiah eleutherine palmifolia adalah sejenis umbi yang menghasilkan beberapa batang daun panjang seperti pita dengan batang bunga tunggal. Umbi ini menyerupai bawang merah pada umumnya, dilapisi kulit tipis, dan dagingnya berwarna merah marun dengan banyak lapisan melingkar berwarna putih.

Ciri lainnya, bawang dayak memiliki daun yang panjang dan ramping berwarna hijau dan panjang hingga 40 centimeter (cm). Selain itu, di batangnya juga terdapat bunga berwarna putih yang mekar di sore hari.

Bawang dayak berasal dari Kalimantan Selatan. Tanaman ini adalah salah satu dari banyaknya tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai obat herbal karena punya khasiat bagi kesehatan.

Adapun kandungan dalam bawang dayak, yakni senyawa flavonoid dan fenol seperti antosianin, yang memberikan manfaat antioksidan. Bawang ini juga mengandung alkaloid, tanin, glikosida, kuinin, dan sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus.

Dilansir dari berbagai sumber, bawang dayak mampu membantu dan menjaga beberapa kondisi kesehatan sebagai berikut:

1. Diabetes

Bawang dayak mengandung glukosida yang baik untuk diabetes. Ini berfungsi untuk menyeimbangkan gula darah.

2. Meningkatkan metabolisme

Bagian dalam alkaloid membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh dan membantu sistem pencernaan. Selain itu, juga dapat mencegah infeksi usus, konstipasi, dan masalah ginjal.

3. Menyembuhkan sistem pernapasan

Bawang ini dapat meningkatkan suhu tubuh dan mencegah penumpukan lendir di paru-paru, sakit dada karena muntah darah dan radang paru-paru yang disebabkan penyakit TBC. Selain itu, juga mengeluarkan lendir batuk, flu, dan sisa kotoran polusi.

4. Reproduksi wanita

Kandungan flavonoid dan saponin di dalamnya memiliki peran besar untuk melindungi sistem reproduksi wanita. Diantaranya untuk mencegah keputihan, mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur, dan mengurangi dismenore atau kram saat menstruasi.

5. Perkuat tulang

Bawang dayak juga mengandung kalsium dan mineral yang baik untuk tulang.

6. Menurunkan kolesterol

Jika memiliki kolesterol darah yang tinggi, tentu juga berisiko mengalami penyakit jantung dan stroke. Bawang dayak memiliki khasiat menurunkan kolesterol, sehingga bisa menjadi opsi sebagai obat herbal dan mengatasi hal tersebut.

7. Cegah kanker

Bawang dayak juga bisa menjadi agen anti-kanker. Karena ia memiliki kandungan naphtoquinones yang mampu bekerja menurunkan aktivitas sel Cyclin-E. Menurunnya aktivitas sel tersebut, dapat menghancurkan sel kanker dalam tubuh.

(sumber: haibunda.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
3 Khasiat Melon, Salah Satunya Bantu Menurunkan Berat Badan
Budayakan Hidup Bersih Guna Cegah Covid 19 Babinsa Ajak Warga Bersihkan Lingkungan
Kementan Sita 36 Ton Bawang Merah Impor Ilegal
Menyusul Gula, Harga Cabe dan Bawang merah Naik Nyaris 2 Kali Lipat di Pelalawan
Virus Corona, Kemendag Hapus Izin Impor Bawang Putih

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter