Home  / Kesehatan
5 Tanda Masalah Kesehatan Serius pada Tubuh
Senin, 24 Agustus 2020 | 09:34:00
(Istockphoto/dimarik)
Ilustrasi. Tubuh menyampaikan sinyal masalah kesehatan yang ada melalui sejumlah kode, mulai dari mata terasa berpasir hingga sendawa yang menetap.
JAKARTA - Saat ada sesuatu yang tak beres, tubuh tentu tak akan diam. Merespons masalah kesehatan yang terjadi, tubuh akan menunjukkan sejumlah gejala yang seyogianya mendapatkan perhatian Anda.

Faktanya, tubuh akan lebih dahulu menyampaikan masalah kesehatan yang hadir melalui sejumlah kode. Mulai dari terasa seperti ada pasir di mata hingga sendawa yang menetap.

Ahli kesehatan dari NYU Langone Medical Center, Roshini Raj, berbagai tentang beberapa gejala yang perlu Anda perhatikan, seperti berikut melansir Today.

1. Canker sore
Canker sore merupakan jenis sariawan berupa luka kecil berbentuk lepuhan yang muncul di jaringan lunak dalam mulut. Kondisi ini biasanya membuat makan dan minum jadi tak nyaman.

Canker sore biasanya disebabkan oleh luka ringan pada mulut, seperti saat Anda menggigit bagian dalam bibir. Atau, bisa juga disebabkan sensitivitas mulut terhadap makanan tertentu seperti jeruk.

Namun, canker sore yang tak kunjung pulih hingga lebih dari tiga pekan bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius seperti kanker mulut. "Jika Anda tak merasakan sakit, itu bisa menjadi lebih serius," kata Raj.

2. Mata terasa berpasir
Sering kali mata terasa termasuki benda asing seperti pasir. Biasanya kondisi ini akan disertai dengan berkurangnya kepekaan terhadap cahaya, penglihatan kabur, mata merah, atau peningkatan volume air mata.

Sensasi mata berpasir beserta gejala lainnya yang tak hilang dalam waktu lama, sebut Raj, bisa menjadi tanda abrasi kornea. Raj menyarankan Anda untuk segera mengunjungi dokter mata. Umumnya, kondisi ini akan pulih dengan obat antibiotik tetes.

3. Sering bersendawa
Tak cuma masuk angin, sendawa berlebih bisa jadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Sendawa bisa jadi pertanda tukak lambung dan gastroesophageal reflux disease (GERD).

Tukak lambung merupakan luka yang terjadi pada dinding lambung dan usus kecil. Sedangkan GERD merupakan penyakit kronis pada sistem pencernaan yang terjadi ketika asam lambung naik kembali ke saluran esofagus.

Namun, Raj mengingatkan, penting untuk diketahui bahwa paparan asam yang menerus pada kerongkongan dapat memicu perkembangan pra-kanker.

4. Kaki bengkak dan nyeri
Nyeri di kaki yang disertai bengkak, kram di otot betis, atau perubahan warna kulit bisa menjadi tanda pembekuan darah. Kondisi ini lebih rentan terjadi pada perokok, orang yang menggunakan kontrasepsi oral, dan pengidap kanker.

Raj mengingatkan, gumpalan darah yang serius bisa berakibat fatal.

5. Benjolan di bawah ketiak/pundak
Benjolan di bawah pundak atau sekitar ketiak bisa jadi masalah kecil, seperti pembesaran kelenjar getah bening karena virus. Namun, kondisi itu juga bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius seperti kanker payudara.

Segera lakukan pemeriksaan jika benjolan bertahan dalam beberapa pekan.

(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
KPK Bantu Tuntaskan Masalah Pasar Cik Puan Pekanbaru
3 Tahun Berdiri, Pemilik Tower Telkom di Lingkungan Kantor DLHK Riau Jalan Tulip Diduga Belum Bayar Sewa Lahan
Ini Standar Kelulusan di SMPN 6 Pekanbaru
Ditengah Pandemi Covid-19 Kehadiran Tenaga Kesehatan TNI Sangat Krusial
164 Siswa Dikma Pa PK TNI Khusus Tenaga Kesehatan Terima Pembekalan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter