Home  / Kesehatan
5 Rutinitas Sebelum Tidur Agar Pencernaan Tetap Sehat
Rabu, 5 Agustus 2020 | 00:03:54
(matczysko/Pixabay)
Ilustrasi. Rutinitas malam dapat meningkatkan kualitas tidur dan menjaga saluran pencernaan tetap tenang serta sehat.
BUKAN rahasia lagi bahwa rutinitas malam dapat meningkatkan kualitas tidur. Tapi, tak cuma itu, rutinitas malam juga diketahui dapat menjaga saluran pencernaan tetap tenang selama tidur.

"Rutinitas malam dapat meningkatkan kualitas tidur dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat. Keduanya saling mendukung satu sama lain," ujar ahli kesehatan Kelly Jones, melansir Well and Good.

Sejumlah peneliti telah membuktikan adanya hubungan antara kesehatan usus atau saluran pencernaan dengan kesehatan mental. Ilmuwan percaya bahwa manusia memiliki `otak kedua` di dalam usus. Hal ini membentuk komunikasi dua arah antara usus dan otak.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjaga saluran pencernaan tetap tenang selama tidur adalah konsisten pada waktu makan malam. "Saat tubuh terbiasa makan dalam waktu yang sama setiap hari, pelepasan hormon pencernaan dan relaksasi menjadi lebih mudah," kata Jones. Hal ini tentunya mengarah pada saluran pencernaan yang lebih sehat.

Ada beberapa kebiasaan sebelum tidur yang layak Anda coba untuk menjaga saluran pencernaan tetap tenang di malam hari.

1. Jahe
Jahe dan minuman hangat dapat membantu menenangkan saluran pencernaan. Secara khusus, jahe juga dapat membantu mengurangi gas dan kembung.

Anda disarankan untuk meminum air jahe hangat untuk membantu perut tetap tenang sebelum tidur. Anda juga bisa menikmati permen jahe atau sajian yang mengandung jahe.

2. Yoga
Melakukan aktivitas yoga ringan di malam hari dapat meningkatkan kesehatan usus sekaligus membuat Anda tertidur lebih nyenyak. Tak perlu terlalu lama, cukup luangkan waktu lima menit untuk melakukan yoga.

Ilustrasi. Lakukan yoga ringan dan meditasi untuk membantu sistem pencernaan tetap tenang saat tidur. (Istockphoto/PeopleImages)

"Lakukan yoga yang lembut dengan pose sederhana," kata Jones. Cara ini dapat merangsang aliran darah tetap lancar. Cara ini juga disebut dapat membantu masalah kembung dan sembelit.

3. Waktu relaksasi
Faktanya, banyak orang tidur dalam kondisi stres yang tinggi. Kondisi ini jelas membawa pengaruh buruk untuk saluran pencernaan.

Perlu diketahui, kesehatan mental juga memengaruhi kesehatan saluran pencernaan. Stres tinggi dapat menyebabkan konstipasi, diare, sakit perut, dan masalah pencernaan lainnya. Pada beberapa kasus, orang dengan tingkat stres tinggi bahkan bisa terserang GERD, salah satu gangguan pencernaan kronis.

Sisihkan waktu 5-10 menit untuk bermeditasi atau melakukan aktivitas lainnya yang membuat Anda nyaman. Berikan kesempatan pada otak untuk rileks dan tenang. Alihkan pikiran dari hal-hal yang bisa membuat Anda stres.

4. Makan buah plum
Buah plum mengandung magnesium, kalsium, dan vitamin B6 yang membantu menghasilkan melatonin, hormon yang menimbulkan rasa kantuk. Makan buah plum sekitar 2-3 jam sebelum tidur.

Selain itu, buah plum juga dikenal baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Serat pada buah plum dapat membantu menjaga kesehatan Anda.

5. Tidak membaca berita
Tak ada salahnya jika Anda ingin selalu terhubung dan memperbaharui informasi-informasi teranyar. Namun, berikan sedikit jeda sesaat sebelum tidur dari paparan informasi.

Sebelum tidur, tingkat kecemasan akan memuncak. Pada fase itu, koneksi antara pikiran dan saluran pencernaan akan semakin kuat. Emosi yang muncul sering kali disertai dengan rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan.

(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Korem Merauke Buka Lahan Tidur Dalam Rangka Ketahanan Pangan
5 Bahaya Tidur Setelah Makan
Rumah Sakit Diminta Pertahankan Kapasitas Tempat Tidur di Ruang Isolasi
Sebelum Menikah, 5 Hal Ini Wajib Ditanyakan ke Pasangan
Kurang Tidur selama Bulan Puasa? Hindari Konsumsi Kafein dan Lakukan 2 Hal Ini

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter