Home  / Kesehatan
Studi Temukan Jumlah Lapisan Masker yang Tepat Cegah Corona
Senin, 27 Juli 2020 | 18:26:38
(CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ilustrasi. Studi terbaru menemukan jumlah lapisan masker yang tepat untuk mencegah penularan virus.
JAKARTA - Masker jadi salah satu perkakas penting di tengah pandemi. Masyarakat bahkan diperbolehkan menggunakan masker kain buatan sendiri. Studi terbaru menemukan jumlah lapisan masker yang tepat untuk mencegah penularan Covid-19.

Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Thorax menemukan bahwa untuk mencegah penularan, masyarakat harus mengenakan masker minimal dua hingga tiga lapis.

Sebagaimana diketahui, minimnya alat pelindung diri (APD) pribadi seperti masker medis membuat masyarakat harus menggunakan masker kain. Beberapa studi telah menyarankan sejumlah jenis bahan yang dirasa tepat.

Melansir CNN, tim peneliti dari Australia membandingkan efektivitas masker kain berbahan katun satu lapis, dua lapis, dan tiga lapis.

Para peneliti menggunakan sistem pencahayaan LED khusus dan kamera berkecepatan tinggi untuk merekam penyebaran droplet yang dihasilkan oleh seseorang saat berbicara, batuk, dan bersin sambil mengenakan masker.

Rekaman video menunjukkan bahwa masker tiga lapis paling efektif dalam menekan penyebaran droplet. Masker kain dua lapis juga ditemukan efektif untuk mencegah penularan.

Kendati demikian, hasil ini tak bisa dijadikan satu-satunya patokan. Peneliti menyebut bahwa beberapa faktor lain turut berkontribusi pada efektivitas masker kain. Beberapa faktor di antaranya jenis bahan, ukuran, serta frekuensi mencuci.

Namun demikian, melalui hasil studi ini, peneliti menyimpulkan bahwa lebih baik jika masyarakat disarankan untuk menggunakan masker dua lapis.

Peneliti juga menyarankan tentang perlunya pedoman untuk membuat masker kain untuk mencegah penularan corona, termasuk jumlah lapisan kain.

(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Mulai Senin Depan Tak Pakai Masker Berlaku Sanksi Denda di Siak
Tak Pakai Masker, Pengendara Mobil Tabrak Petugas Pos PSBB di Cakung
Dua Warga Tak Gunakan Masker Terjaring Ops Yustisi Polsek Pangkalan Kuras
Jasad Mr X yang Ditemukan Tewas Dalam Sumur Warga Tualang Ternyata Warga Pekanbaru
Dor, Joki Jambret Maut Yang Tewaskan Korbannya di Bekuk di Sumbar

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter