Home  / Kesehatan
5 Jenis Makanan Pemicu Kentut Menurut Ahli Gastroenterologi
Jumat, 24 Juli 2020 | 22:11:04
(Foto: Thinkstock/Piotr Marcinski)
Ilustrasi: Beberapa jenis makanan bisa jadi pemicu kentut. Gas keluaran ini jadi cara tubuh memberi tahu bahwa makanan yang Anda kunyah tak ditangani baik oleh usus.
JAKARTA - Beberapa jenis makanan bisa mengakibatkan perut Anda tak terkendali atau jadi pemicu kentut. Para ahli gastroenterologi menyebut, biang keladi penyebab kentut itu biasanya jenis makanan berbahan pokok kacang-kacangan atau sayuran persilangan.

Melepaskan gas adalah cara tubuh memberi tahu bahwa apapun yang baru saja Anda makan tak ditangani dengan baik oleh usus dan akan segera dilepaskan dalam bentuk, kentut.

"Kebanyakan orang mengeluarkan gas rata-rata 13-21 kali per hari," ungkap Ilyse Schapiro dikutip dari Mens Journal mengutip sebuah studi dari Selandia Baru.

Sebaliknya, menahan kentut bisa membahayakan dan menyakitkan.

Makanan yang bisa jadi pemicu kentut adalah jenis makanan tertentu yang menciptakan tekanan ke usus. Tapi jangan khawatir jika makanan favorit Anda masuk dalam daftar makanan pemicu kentut. Sebab, setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda.

Jika Anda termasuk orang yang sering kentut, intensitasnya bisa dikurangi dengan tetap berolahraga teratur, makan lebih lambat, dan hindari makanan pemicu kentut.

Berikut daftar makanan pemicu kentut menurut ahli gastroenterologi.

Kacang-kacangan
Ahli gastroenterologi, dokter Niket Sonpal menjelaskan, kacang mengandung banyak serat tetapi juga memiliki gula yang disebut dengan alpha oligosaccharides.

"Mereka diambil oleh bakteri dari usus besar dan gas Anda adalah produk sampingan dari proses tersebut," terang dokter Sonpal dikutip dari laman Well and Good.

Seiring waktu, saluran pencernaan mereka yang mengonsumsi banyak kacang-kacangan akan terbiasa memproses pelbagai jenis kacang--seperti buncis atau kacang-kacangan lain. Tetapi biasanya mereka akan sering mengalami masalah pencernaan.

"Jika Anda adalah seseorang yang tidak terbiasa dengan legum, tapi kemudian Anda memakannya, Anda akan lebih sering mengalami kembung, kembung dan kembung," kata dia.

Ilustrasi: Jenis kacang-kacangan--salah satu contoh misalnya buncis--memang mengandung banyak serat tetapi juga memiliki gula yang disebut dengan alpha oligosaccharides yang diambil oleh bakteri dari usus dan hasil sampingannya adalah gas. (Foto: Sonja Langford/Unsplash.com)

Minuman Berkarbonasi
Semua karbonasi dan gas dalam air akan mengakibatkan perut kembung. Karena itu ketika Anda lebih memilih atau menyukai air dengan gelembung-gelembung tersebut maka siap-siap masalah kentut akan menghantui.

Sonpal menyarankan Anda untuk coba mengurangi konsumsi minuman berkarbonasi.

Permen bebas gula dan pemanis buatan
Saat mengunyah permen karet bebas gula maka Anda seperti menelan udara. Ketika udara itu masuk tubuh, turun, maka ia bisa keluar--bisa dari atas atau yang lebih umum keluar dari bawah lewat kentut.

Masih seputar bebas gula. Pengganti gula yang ditemukan pada makanan rendah kalori juga bisa memicu kentut. Pemanis buatan seperti Zorbitol dalam es krim, soda diet atau permen bebas gula tidak dapat dicerna oleh tubuh Anda.

"Zorbitol benar-benar difermentasi dalam usus Anda dan mengakibatkan diare juga keluaran gas (kentut) yang sangat eksplosif," jelas dokter.

Sayuran tertentu
Beberapa jenis sayuran seperti brokoli, kembang kol, kol, dang kangkung termasuk dalam makanan pemicu kentut. Seluruh sayuran ini mengandung polisakarida--karbohidrat yang mengakibatkan kembung.

"Apa yang saya katakan pada pasien yang sangat menyukai brokoli dan kembang kol adalah, untuk mencoba beralih ke sayuran lain seperti bayam dan selada agar tetap bisa menambah serat,
jelas dokter Sonpal.

Susu
Toleransi masing-masing individu terhadap laktosa sedikit berbeda. Jadi, mencoba bereksplorasi dengan makanan berbahan dasar susu akan membantu Anda memutuskan seberapa banyak mengonsumsi keju, susu dan es krim di kulkas.

(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Indonesia Impor Ampas Sisa Makanan Senilai US$ 232,3 juta
Waspada, 3 Makanan Ini Merusak Sistem Kekebalan Tubuh
Antisipasi Stunting Akibat Kekurangan Asupan Gizi, TP PKK Siak Gelar Pelatihan Mengolah Makanan Dari Ikan Untuk Ibu Hamil dan Balita
14 Makanan Penurun Gula Darah, Aman untuk Diabetes
Suami-Istri Ini Jadi Pelopor Penyedia Makanan Halal di Kanada

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter