Home  / Kesehatan
5 Makanan yang Harus Dihindari untuk Jaga Kesehatan Tulang
Selasa, 21 Juli 2020 | 09:11:41
(CNN Indonesia/Andry Novelino)
Ilustrasi. Untuk menjaga kesehatan tulang, hindari sejumlah makanan yang dapat memperburuk kondisi tulang.
JAKARTA - Kesehatan tulang penting untuk dijaga agar tubuh tetap kuat hingga hari tua. Untuk menjaga kesehatan tulang, hindari sejumlah makanan yang dapat memperburuk kondisi tulang.

Kesehatan tulang yang buruk dapat meningkatkan risiko osteoporosis atau pengapuran, osteoarthritis atau radang sendi, dan cedera pada tulang. Makanan tertentu dapat memperburuk kondisi tulang dan meningkatkan risiko penyakit tulang.

Berikut makanan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan tulang.

1. Makanan yang mengandung banyak garam
Semakin banyak garam yang dikonsumsi, semakin banyak kalsium yang bakal dikeluarkan oleh tubuh. Padahal, tulang membutuhkan kalsium agar tetap kuat.

Kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam karena dapat menyerap kalsium. Makanan seperti keju, keripik, daging, gorengan merupakan beberapa jenis makanan yang tinggi garam.

2. Alkohol
Sama seperti garam, minuman dan makanan beralkohol dapat mengganggu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh. Hindari konsumsi alkohol agar tulang tetap kuat.

3. Soda
Selain alkohol, minuman bersoda juga dihubungkan dengan kehilangan fosfor. Fosfor merupakan zat penting untuk memelihara kesehatan tulang.

4. Kafein
Konsumsi kafein juga dikaitkan dengan kesehatan tulang. Dikutip dari Web MD, terlalu banyak minum teh dan kopi juga dapat menghilangkan kalsium tulang.

Kurangi konsumsi teh dan kopi, serta makanan olahan teh dan kopi untuk mengurangi asupan kafein agar tulang tetap sehat.

5. Rokok
Merokok dapat merusak jaringan tulang. Semakin banyak merokok, semakin rusak kondisi tulang. Perokok juga memiliki risiko tinggi mengalami cedera pada tulang dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Selain menghindari makanan yang buruk untuk kesehatan tulang, konsumsi-lah makanan yang baik untuk tulang. Makanan yang baik untuk tulang adalah makanan yang mengandung kalsium, vitamin D, protein, vitamin C, magnesium, vitamin K, dan zinc.

(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kecamatan Rumbai Gelar Operasi Yustisi Protokol Covid-19
Sosialisasi Perbub Covid-19 Pelalawan, Denda Rp.100 Ribu Tak Pakai Masker Hingga Rp.3 Juta Bagi Pelaku Usaha
Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125 Beri Layanan Kesehatan Warga di Kampung Kondo
Polsek Bukit Raya Tindak 10 Pelanggar Protokol Kesehatan
Satgas Yonif 413 Bremoro Berikan Pengenalan Ilmu Kesehatan Kepada Siswa SMA Jayapura

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter