Home  / Kesehatan
Hati-Hati, Virus Corona Bisa Terbang 4 Jam di Dalam Ruangan
Rabu, 15 Juli 2020 | 21:49:13
(Foto: Shutterstock)
Ilustrasi.
MASYARAKAT cukup resah dengan fakta baru, virus corona penyebab Covid-19 menyebar lewat udara di ruangan tertutup. Karena hal tersebut, para ahli pun mulai menyarankan agar masyarakat tak melepas maskernya meski di dalam ruangan.

Di sisi lain, menjadi pertanyaan banyak orang juga, jika virus corona menyebar di udara, berapa lama masa hidup virus tersebut? Apakah benda yang ada di dalam ruangan itu pun terpapar virus corona?

Menjawab pertanyaan tersebut, Ahli Epidemiologi Griffith University, Australia, Dicky Budiman, menegaskan bahwa hal yang mesti diketahui masyarakat adalah virus corona tetap utamanya menyebar melalui droplet atau seseorang memegang benda yang sudah terkontaminasi virus corona.

"Virus corona itu utamanya menyebar lewat droplet atau percikan batuk, bersin, atau bicara, atau Anda bisa terinfeksi ketika tangan Anda memegang benda yang terkontaminasi dan tangan Anda yang kotor itu memegang hidung, mulut, atau mata," paparnya di iNews.

Terkait dengan berapa lama virus corona bisa hidup di udara bebas, Dicky menjawab 4 jam. Namun, ada catatan penting yang harus diperhatikan masyarakat, itu bisa terjadi ketika ruangan tertutup itu benar-benar tak jalan sirkulasi udaranya.

"Virus corona bisa hidup 4 jam di udara di dalam ruangan yang ventilasinya jelek," tegasnya. Karena itu, dia menyarankan untuk memastikan udara ruangan tertutup sirkulasinya berjalan baik.

"Makanya, pastikan untuk buka jendela atau kalau memang menggunakan pengatur suhu ruangan, alatnya mampu menjalankan sirkulasi udara," tambah Dicky.

(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bupati Aceh Singkil dan Istri Positif Corona
Update 11 Agustus: Positif Covid-19 Bertambah 1.693 Jadi 128.776 Orang, 83.710 Sembuh
Correa dan Vrsaljko, Dua Pemain Atletico yang Positif Corona
Tambah 41 Kasus Konfirmasi, Update Covid-19 Riau jadi 770 Kasus
FSGI Catat 37 Guru dan 7 Siswa Positif Covid-19

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter