Home  / Kesehatan
Uji Awal: Fermentasi Jamu Biji Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Kamis, 4 Juni 2020 | 19:04:52
(iStockphoto/Gilnature)
Studi awal LIPI menemukan fermentasi jambu biji berpotensi jadi minuman suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
JAKARTA - Selain dengan memakai masker, jaga jarak aman, dan rajin cuci tangan, mencegah infeksi virus corona juga bisa dilakukan dengan memperkuat sistem imun atau daya tahan tubuh. Baru-baru ini peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan fermentasi jambu biji berpotensi jadi minuman suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Kami memanfaatkan buah jambu biji merah untuk meningkatkan kerja sistem imun tubuh karena jambu biji mengandung serat terlarut, polifenol, alkaloid, flavonoid," kata salah satu peneliti Pusat Penelitian Kimia, LIPI, Yati Maryati dalam webinar LIPI, Kamis (4/6).

Lebih lanjut lagi Yati memaparkan masing-masing zat gizi membawa manfaat terkait sistem imun tubuh. Polifenol berfungsi membantu melawan pembentukan radikal bebas sehingga memperlambat penuaan dini. Flavonoid mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh melalui sebuah mekanisme sehingga berpengaruh terhadap aktivasi sel limfosit T dan B. Kedua sel merupakan bagian dari respons spesifik kekebalan tubuh. Sel B akan membunuh dan memproduksi antibodi sedangkan sel T akan mengenali, mengingat lalu membunuh bakteri atau patogen.

Kemudian alkaloid berfungsi sebagai detoksifikasi, menetralisir racun-racun dalam tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga terdapat senyawa-senyawa seperti myricetin, quercetin, luteolin, kaempferol dan hesperidin yang memainkan peranan dalam sistem kerja imun.

Tim peneliti pun mengembangkan minuman kesehatan berbahan jambu biji merah dengan teknik fermentasi. Yati menjelaskan timnya menggunakan suplementasi prebiotik Scoby (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast) sehingga menghasilkan produk minuman kesehatan dengan kandungan asam amino esensial, asam asetat, asam laktat, asam glukonat, asam glukoronat, dan senyawa organik lainnya. Selain itu juga terdapat vitamin B dan B, juga polifenol, enzim, antioksidan dan alkaloid.

Apa saja manfaat kesehatan dari minuman fermentasi jambu biji?

1. Antioksidan, polifenol dan flavonoid, vitamin C, mampu memperkuat sistem imun.

2. Probiotik dan asam glukonat mampu mendetoksifikasi racun.

3. Enzim dan vitamin B bermanfaat untuk meningkatkan energi.

4. Asam-asam amino esensial, bermanfaat untuk metabolisme lemak, fungsi kekebalan tubuh (threonine), detoksifikasi (methionine) dan respons imun (histidin).

5. Asam lemak rantai pendek dan asam organik, berfungsi sebagai antimikroba dengan mengganggu membran sel, menghambat transpor aktif (perpindahan atau pergerakan yang memanfaatkan energi untuk memasukkan dan mengeluarkan ion-ion serta molekul melalui membran sel), mengurangi pH intraseluler (dalam sel) dan menghambat berbagai fungsi metabolisme.

"Hasil riset yang sudah dikeluarkan terbukti teknik fermentasi meningkatkan kadar antioksidan, polifenol dan flavonoid, lebih tinggi daripada jus jambu biji biasa," ujarnya.

Akan tetapi hingga kini produk minuman suplemen belum bisa dinikmati masyarakat secara luas. Masih perlu waktu panjang hingga produk sampai ke tangan individu. Yati berkata penelitian masih berlangsung termasuk formulasi juga optimalisasi proses untuk menemukan senyawa bioaktif lainnya.

"Belum sampai uji in vivo, in vitro, apalagi uji klinis," katanya.

Sampai saat ini, cara yang disarankan untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari infeksi virus corona adalah dengan makan makanan bergizi, istirahat cukup, perbanyak minum air putih, olahraga teratur, dan minum suplemen jika diperlukan. 


(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tim Riset Covid-19 Kaji Manfaat Jambu Biji Cegah Virus Corona
Hindari Covid-19, Brigjen TNI Herman Minta Prajurit Tingkatkan Imun Tubuh
Vitamin dan Mineral untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Teknik Mengunci Tubuh Tewaskan George Floyd Mulai Dilarang
Tata Cara Bersetubuh pada Malam Pertama Sesuai Sunah Rasul

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter