Home  / Kesehatan
Menangis Bisa Jadi Pereda Rasa Sakit Alami bagi Tubuh, Ini 7 Manfaat Lainnya
Rabu, 20 Mei 2020 | 23:41:10
(Foto: Boldsky)
Menangis bisa jadi pereda rasa sakit alami bagi tubuh.
JAKARTA - Orang yang menangis kerap diolok menjadi sosok yang cengeng. Padahal, menangis punya peran penting dalam menjaga metabolisme tubuh dan membentuk diri menjadi pribadi yang lebih baik. Bahkan, menangis bisa mengembalikan mood yang hilang.

Selain itu, menangis bisa meredakan stres dan menjadi penghilang rasa sakit alami dalam tubuh. Berikut delapan manfaat menangis yang iNews.id lansir dari laman Boldsky, Rabu (20/5/2020).

1. Meredakan stres

Studi menunjukkan bahwa menangis membantu mengembalikan kondisi fisik dan mental kita. Tindakan ini dapat membantu mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh, sehingga melepaskan stres.

2. Mengurangi atau menghilangkan rasa sakit

Penelitian menemukan bahwa menangis dapat membantu melepaskan oksitosin dan endorphin dalam tubuh, sehingga dapat menghilangkan rasa sakit baik fisik maupun mental. Apakah Anda tak sadar jika menangis setelah terluka membuat hal tersebut tidak terlalu buruk? Pasalnya dengan menangis, telah membantu diri sendiri mengurangi rasa sakit.

3. Meningkatkan mood

Menangis dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang dan membuat mereka merasa lebih baik. Pelepasan oksitosin dan endorfin dapat membantu meningkatkan suasana hati.

4. Bermanfaat untuk mata

Menangis merupakan hal bagus buat mata Anda karena dapat mencegah kekeringan mata, kemerahan, dan iritasi.

5. Melawan bakteri

Sebuah studi menunjukkan bahwa airmata mengandung enzim yang disebut lisozim dan kemungkinan memiliki sifat antibakteri. Pasalnya, menangis dapat membantu membunuh bakteri dan menjaga kebersihan mata.

6. Membantu tidur

Sebuah penelitian pada bayi menemukan bila menangis dapat membantu bayi terlelap dalam tidur. Menangis menciptakan efek menenangkan, meningkatkan mood, dan menghilangkan rasa sakit pada bayi, yang pada gilirannya membantu mereka tertidur lebih baik dan lebih cepat.

7. Menenangkan

Para peneliti sepakat bila menangis merupakan satu cara untuk menenangkan diri. Menangis akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS) yang membantu tubuh Anda beristirahat dan mencerna makanan. Terlepas dari manfaat menangis yang disebutkan, pelepasan kecemasan emosional dapat membantu seseorang pulih dari kesedihan dan mengembalikan keseimbangan emosional.

8. Menangis bagus untuk jiwa

Tak cuma musik, menangis bisa membuat kita menemukan jiwa kita. Anda pasti pernah mendengar bila tertawa membuat hidup lebih lama dan sehat? Sama seperti itu, menangis juga punya peran yang istimewa dalam membentuk warna hidup.

(iNews.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pertanyakan Rasa Kemanusiaan, DPRD Riau Datangi PTPN 5
Penelitian: Covid-19 Sudah Tak Menular Setelah 11 Hari Sakit
Beda Racikan Kopi Beda Rasa: Drip, Espresso, Sampai Latte
Sakit Berkepanjangan, Fitra Riau, Sarankan Noviwaldy Jusman Mundur
Sakit Berkepanjangan, Fitra Riau Sarankan Noviwaldy Jusman Mundur

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad