Home  / Kesehatan
Gandeng 21 Elemen Mahasiswa dan Komunitas, Dinkes Riau Lakukan Edukasi Penggunaan Masker Cegah Covid-19
Senin, 4 Mei 2020 | 19:37:28
riaueditor
PEKANBARU, riaueditor.com - Dinas Kesehatan Provinsi Riau menggandeng 21 elemen mahasiswa dan komunitas untuk berkolaborasi melakukan edukasi penggunaan masker kepada masyarakat di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (04/5/2020).

21 komunitas ini antara lain melibatkan, BEM STIE Akbar Pekanbaru, STIFAR Riau, UMRI, UIR, STIKES PMC Pekanbaru, UNILAK, Univ. Abdurrab, STIKES Al-Insyirah, STIKES Payung Negeri, Politehnik Caltex Riau, Poltekes Kemenkes RI, Imatelki, GP. GPIB, Green Gowes Community (GGC), IMM Riau, HiPEMARU, Kominitas LibuRUN, Imatelki, Aisyiah dan Komunitas Scooter Pekanbaru

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat sebagai salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19 yang dilakukan secara masif dan serentak di 19 pasar dan 11 Kecamatan di kota pekanbaru ditambah 2 desa didaerah perbatasan.

Kolaborasi ini juga melibatkan Dinkes Kota Pekanbaru dalam penentuan titik-titik edukasi terutama didaerah kelurahan yang sudah mempunyai kasus konfirmasi positif covid-19 dan juga dipasar-pasar.

Tepat pukul 11 jelang siang, tim relawan dilepas secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra Hj Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM didampingi oleh Kabid Kesmas Dinkes Riau Amir Azan, SKM, M.Si, Kasi Promkes Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Riau, Rozita, Kabid Kesmas Kota Pekanbaru Melly Susanti, SKM dan Kasi Promkes Dinkes Kota Pekanbaru, Riska.

Dalam sambutan singkatnya Kadiskes berpesan kepada seluruh relawan agar tetap menjaga jarak dalam melakukan aksi edukasi ke masyarakat. Ia juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama dari para mahasiswa dan komunitas yang telah berkenan untuk bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pencegahan Covid-19.

"Saya mengucapkan terimakasih atas kerjasama kita semua terutama para mahasiswa dan komunitas yang hadir pada siang hari ini yang telah berkenan ikut memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan penularan Covid-19. Selaku relawan tentu kita harus mencontohkan bagaimana menjaga jarak dan melakukan social distancing dan physical distancing yang benar. Mengajak semua masyarakat untuk memakai masker kain dan juga mengajarkan cara mencuci tangan pakai sabun karena mencuci tangan pakai sabun lebih baik daripada menggunakan handsanitizer," ujar kadiskes yang biasa dipanggil Mimi itu. 

Kadiskes juga mengucapkan terimakasih kepada tim Kesmas dan Promkes Dinkes Kota Pekanbaru yang telah berkolaborasi dengan Tim Promkes Dinkes Provinsi Riau. Semoga apa yang disampaikan kepada masyarakat pada hari ini akan merubah perilaku masyarakat menjadi perilaku hidup sehat. 

Mimi juga berpesan agar tetap melakukan aktifitas fisik walaupun berdiam dirumah saja dan juga berjemur dipagi hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Edukasi kesehatan yang dilakukan kemasyarakat disamping pemberian informasi pencegahan covid-19 melalui penempelan poster informasi cara mencegah penularan covid-19 dan pembagian flyer, juga dillakukan pembagian 1000 lusin masker kain gratisp0di pasar tradisional dan perumahan-perumahan terutama diwilayah yang sudah terpapar covid-19 antara lain Kecamatan Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Tenayan Raya, Lima Puluh Kota, Sail, Rumbai dan 2 desa terdekat yaitu, Desa Tanah Merah dan Desa Pandau Jaya. (**)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Babinsa Koramil 06/SH Komsos dan Pantau Pasokan Harga Ikan Laut
Antisipasi Karhutla, Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri dan Bhabinkamtibmas Patroli Bersama Tim Terpadu
Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri dan Tim Medis Tegakkan Disiplin ke Pengunjung Pasar Tradisional Sungai Pagar
Kapolda Riau Pimpin Upacara dan Syukuran Hari Bhayangkara Ke-74
Babinsa Pantau Pembagian Dana BLT-DD Tahap II Desa Alahan.

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter