Home  / Kesehatan
Ada Jalan Lain Sembuhkan Pasien Covid-19: Transfusi Plasma!
Selasa, 21 April 2020 | 21:23:59
(AP Photo/Brian Inganga)
Foto: Covid-19
JAKARTA - Hingga saat ini seluruh negara di dunia masih belum menemukan vaksin untuk virus corona, berbagai perusahaan dan lembaga riset masih terus berlomba-lomba untuk menemukan vaksin untuk mencegah virus ini terus menjangkiti manusia.

Ternyata, selain dengan vaksin ditemukan langkah lain untuk menyembuhkan pasien-pasien yang terjangkit corona, yakni dengan menggunakan transfusi plasma darah.

Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) mengatakan metode transfusi plasma darah ini sudah dilakukan uji coba di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Iran dan Jepang dan terbukti ampuh untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

"Ada lagi metode baru dicoba di beberapa negara, transfusi plasma orang yang baru sembuh. Plasma darahnya diambil, diolah dan bisa ditransfusikan ke pasien yang mendapat Covid-19. beberapa treatment yang dilakukan Amerika, Iran dan Jepang efektif," kata Honesti dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI secara virtual, Selasa (21/4/2020).

Untuk itu sebagai pilot project, perusahaan pelat merah ini akan bekerja sama dengan Rumah Sakit Angkatan Darat untuk mengujicobakan transfusi plasma darah ini kepada pasien.

Jika penanganan pasien dengan langkah ini optimal, maka perusahaan akan mengajukan langkah penyembuhan ini ke seluruh rumah sakit rujukan Covid-19 di Indonesia.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kecamatan Rumbai Gelar Operasi Yustisi Protokol Covid-19
Sebagai Saksi Nikah Putri Ketua JMSI Riau, Gubri: Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19
Positif Covid-19, Nunung Dirawat di RSUD Pasar Minggu
Tekan Penyebaran Covid-19, Polsek Bunut Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Fasilitas Umum
Ngantor? Nih Cara Cegah Covid-19 di Tempat Kerja dari WHO

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter