Home  / Kesehatan
Cegah dan Kendalikan DBD, Kecamatan Bengkalis Bentuk Pokjanal
Jumat, 3 Januari 2020 | 19:07:49
Diskominfotik Bengkalis
BENGKALIS - Untuk pencegahan dan pengendalian penyakit demam berdarah dengue (DBD), pihak Pemerintah Kecamatan Bengkalis, Kamis 2 Januari 2020, membentuk Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) DBD.

Pembentukan Pokjanal DBD pada saat pertemuan yang dihadiri seluruh unsur pemerintahan kecamatan, kelurahan dan desa serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis.

Dari hasil pertemuan itu, sepakat ditunjukan Sekretaris Kecamatan Bengkalis sebagai Ketua Pokjanal, serta jajaran pengurus yakni Koorwilcam Pendidikan Kecamatan Bengkalis, serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Kecamatan Bengkalis.

Camat Bengkalis, Ade Suwirman dalam sambutannya mengatakan program kesehatan, utamanya pencegahan dan pengendalian penyakit, merupakan tanggungjawab bersama, bukan hanya Puskesmas dan Dinas Kesehatan (Dinkes) saja.

Camat berharap kehadiran Pokjanal DBD kecamatan, akan melaksanakan fungsi monitoring, pengawasan, supervisi, dan pembinaan terhadap Pokjanal DBD desa/kelurahan.

"Saya berharap agar dalam waktu dekat, seluruh desa/kelurahan akan terbentuk Pokjanal DBD, dan tembuskan kepada kecamatan, SK nya oleh lurah dan kades." tegas Camat

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis, Ersan Saputra TH diwakili Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Alwizar pada kesempatan itu memaparkan dasar hukum pembentukan pokjanal DBD, fungsi dan tugas serta kedudukannya dalam pemerintahan desa dan kelurahan.

Organisasi Pokjanal ini bertanggung jawab kepada Ketua Pembina LMD. Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/1864/Bangda, tanggal 30 April 2019, wajib dibentuk dalam tiap jenjang administrasi pemerintahan.

Alwizar juga menjelaskan Pokjanal DBD Kecamatan akan melakukan pembinaan operasional yang bersifat teknis fasilitatif kepada Pokjanal DBD Desa/Kelurahan

Program kerja Pokjanal DBD desa/kelurahan bersifat lebih teknis operasional, karena disana nanti ada Penyuluhan, Penngerakan Peran Serta Masyarakat, dan Pemantauan Jentik Berkala (PJB)

"Akan diadakan rapat evaluasi setiap 3 bulan di desa/kelurahan." tutup Alwizar.

Seluruh lurah dan kepala desa menyampaian komitmen akan membentuk Pokjanal DBD pada akhir Januari 2020. 

Di akhir acara, Alwizar menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada UPT. Puskesmas Pematang Duku Kec. Bengkalis atas prestasi zero DBD slama tiga tahun berturut-turut. Atas keberhasilan itu, memperoleh Penghargaan dari Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 bulan Nopember 2019 yang lalu

Rapat koordinasi lintas sektor pembentukan pokjanal DBD Kecamatan Bengkalis tersebut dihadiri oleh Camat Bengkalis, Sekcam, Kasi PMD dan Kasi Sosbud Kecamatan, Koorwilcam Pendidikan, Dinas PMD, Kepala UPT. Puskesmas Bengkalis dan staf, Kepala UPT. Pukesmas Pematang Duku dan staf, seluruh Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Bengkalis.***

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Cegah Covid-19, Polsubsektor Pelalawan Sosialisasikan AKB
Cegah Deforestasi Untuk Indonesia yang Lebih Sehat
Cegah Covid-19, Personil Polsek Bandar Sei Kijang Lakukan Cek Suhu Tubuh Sebelum Masuk Mako
Polsek Langgam Lakukan Patroli Cegah Kejahatan dan Antisipasi Covid-19
Ngantor? Nih Cara Cegah Covid-19 di Tempat Kerja dari WHO

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter