Home  / Kesehatan
HARI TEH INTERNASIONAL
6 Manfaat di Balik Secangkir Teh
Senin, 16 Desember 2019 | 06:31:43
Ilustrasi.
Secangkir teh hangat punya segudang manfaat kesehatan untuk tubuh, mulai dari melindungi jantung hingga membantu menurunkan berat badan. (langll/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selamat Hari Teh Internasional! Saatnya Anda menikmati awal pekan bertemankan secangkir teh hangat.

Bukan rahasia lagi bahwa teh memiliki segudang manfaat kesehatan. Sejak lama, teh telah dipercaya sebagai salah satu medium pengobatan tradisional di dunia. Masyarakat China dan Jepang meminum teh untuk meningkatkan kesehatan mereka sejak berabad-abad silam

Tak sekadar membuat tubuh terasa lebih baik saat sakit, minum teh juga dapat membantu melindungi kesehatan otak, meningkatkan kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

Mengutip Cup and Leaf, berikut ragam manfaat meminum teh.

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Teh diklaim dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Hal itu dibuktikan dalam sejumlah penelitian.

Kandungan antiinflamasi yang dimiliki membuat konsumsi teh dapat membantu meminimalisasi risiko peradangan yang membuat sirkulasi darah menjadi tak lancar.

Konsumsi teh juga disebut dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Sebuah studi menemukan, orang yang mengonsumsi tiga cangkir atau lebih teh hijau setiap hari mengalami penurunan risiko serangan jantung hingga 32 persen.

2. Meningkatkan energi
Teh hijau mengandung kafein yang dapat membantu meningkatkan energi tubuh. Jumlah kafein yang rendah menjadikan teh hijau pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin mengurangi asupan kafein.

Asam amino yang terkandung di dalam teh juga disebut berkontribusi untuk membangkitkan energi tubuh. Asam amino dapat memperlambat penyerapan kafein. Dengan cara itu, energi yang diberikan teh hijau akan lebih tahan lama daripada secangkir kopi.

3. Membantu penurunan berat badan
Teh juga dipercaya dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Salah satu yang paling terkenal adalah teh hijau dengan kandungan asam amino yang dapat membantu tubuh membakar lemak.

Ekstrak teh hijau merupakan suplemen penurun berat badan populer. Dengan meminum teh hijau, Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama seperti dengan mengonsumsi suplemen.

Teh hijau juga merupakan minuman bebas kalori. Anda bisa meminum beberapa gelas teh tanpa merasa bersalah.

4. Mendukung kesehatan mental
Konsumsi teh hijau secara teratur diklaim dapat menekan risiko penyakit neurologis seperti Alzheimer dan menurunkan tingkat stres.

Teh menawarkan efek menenangkan alami yang dapat mengurangi stres pada peminumnya. Teh dapat menjadi teman santai Anda setelah aktivitas padat seharian penuh.

Teh juga mengandung antioksidan yang berfungsi mencegah stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel sehat. Antioksidan dapat menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif.

5. Mengatur kadar gula darah
Beberapa penelitian menemukan, konsumsi teh dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mencegah penyakit seperti diabetes tipe-2. Salah satunya adalah teh hitam yang telah terbukti dapat mengurangi kadar gula darah dalam 120 menit setelah makan.

Para peneliti menduga, manfaat ini didapat dari kandungan polifenol yang ada di dalam teh. Polifenol diketahui memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

6. Membantu pencernaan
Sejak lama teh dikenal sebagai minuman terbaik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti rasa mual hingga diare.

Teh jahe adalah teh herbal yang telah lama digunakan masyarakat China dan India untuk meredakan sakit perut. Ramuan gingerol dan shogaol dapat membantu menenangkan perut dan mencegah rasa mual serta muntah.

Tak hanya itu, teh peppermint juga dipercaya dapat meredakan sakit perut karena kandungan antioksidan dan mentol yang dimilikinya.

Selain itu, teh juga diketahui mengandung tanin yang telah terbukti ampuh menangkal peradangan usus. Hal ini diklaim dapat membantu meredakan kram perut dan mengobati sindrom iritasi usus.

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh
6 Manfaat Sehat Makan Kentang Ungu
Menengok Tradisi Unik Minum Teh di Berbagai Negara
8 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres!
Gubri: Pembangunan Harus Dirasakan Manfaatnya Bagi Masyarakat

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad