Home  / Kesehatan
7 Khasiat Sirsak, Salah Satunya Mengendalikan Diabetes
Kamis, 22 Agustus 2019 | 11:52:59
istimewa
SIRSAK adalah salah satu buah lokal yang bisa dengan mudah ditemui di pasaran. Tak hanya nikmat dikonsumsi secara langsung, sirsak juga bisa dijadikan jus buah yang segar. Di balik rasanya yang cenderung asam dan manis, pakar kesehatan menyebut sirsak bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan. Apa sajakah manfaat tersebut?

Berbagai khasiat yang bisa didapatkan dari buah sirsak

Sirsak yang memiliki nama latin annonamuricata ini memiliki banyak sekali nutrisi yang baik bagi kesehatan. Rutin mengonsumsinya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

Bisa melawan perkembangan sel kanker

Manfaat yang paling dikenal dari sirsak adalah kemampuannya dalam melawan perkembangan sel-sel kanker. Hal ini berarti, rutin mengonsumsinya bisa mencegah datangnya salah satu penyakit yang paling mematikan dan sulit untuk diobati ini.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul BMC Complementary and Alternative Medicine pada 2016 silam, disebutkan bahwa sirsak tinggi kandungan antioksidan.

Ekstrak sirsak yang dibuat dalam penelitian ini terbukti mampu menurunkan ukuran tumor, membunuh sel kanker, hingga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Penelitian lain yang dilakukan pada 2014 juga menyebut kandungan di dalam ekstrak sirsak secara aktif mampu melawan sel leukemia.

Baik bagi kesehatan ginjal dan hati

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Drug Design, Development, and Therapy pada 2014 silam di Malaysia menghasilkan fakta tentang tikus-tikus percobaan yang diberi ekstrak sirsak secara teratur. Tikus-tikus ini mengalami perbaikan kondisi ginjal dan hati dengan signifikan. Setelah diuji-cobakan ke manusia, dampaknya juga sama.

Mengingat ginjal dan hati memiliki peran besar dalam mengendalikan cairan tubuh dan pengeluaran berbagai macam racun atau limbah, jika kedua organ ini bisa dijaga kondisinya, tubuh juga akan menjadi semakin sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Penelitian lain yang dipublikasikan hasilnya dalam Current Pharmaceutical Design pada 2016 silam juga menyebut sirsak tinggi kandungan senyawa acetogenin. Senyawa ini mampu melawan sel-sel abnormal yang ganas, termasuk membunuh 12 jenis sel kanker.

Bisa menjadi obat asma

Penelitian yang dilakukan di Nigeria dan dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food pada 2014 silam membuktikan bahwa mengonsumsi daun sirsak ternyata bisa membantu penderita asma menjaga kondisinya. Untuk mendapatkan manfaatnya, daun sirsak bisa direbus dan air rebusannya kemudian diminum demi mencegah kekambuhan asma.

Baik bagi penderita diabetes

Ternyata buah sirsak juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, lho. Fakta ini terungkap dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal yang terbit tahun 2008 silam berjudul PubMed. Dalam penelitian yang menggunakan tikus percobaan ini, disebutkan bahwa tikus-tikus yang mendapatkan ekstrak sirsak cenderung mengalami penurunan kadar gula darah hingga 75 persen.

Dengan kadar gula darah yang semakin terkendali, maka kita bisa mencegah datangnya diabetes. Selain itu, penderita diabetes tentu akan mampu mencegah datangnya komplikasi dengan lebih baik.

Baik bagi kesehatan mata

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam National Institutes of Health menyebut sirsak tinggi kandungan vitamin C, beta karoten, vitamin E, dan seng yang baik bagi kesehatan mata. Rutin mengonsumsinya bisa menurunkan risiko terkena masalah penglihatan layaknya katarak atau degenerasi makula.

Bisa mengatasi demam

Jika kita mengalami demam atau bahkan kejang-kejang, tak ada salahnya untuk mencoba air rebusan sirsak demi menurunkan gejalanya. Penderita demam berdarah juga bisa meminumnya meskipun sebaiknya memang berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Bisa mengatasi rasa nyeri

Sirsak memiliki sifat layaknya obat analgesic yang bisa mengatasi berbagai rasa nyeri pada tubuh. Mengonsumsinya tentu akan membuat badan menjadi lebih bugar dan nyaman.

(doktersehat.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kapan Anak Perlu Deteksi Dini Diabetes?
Temulawak Bisa Atasi Penyakit Hepatitis, Mitos Atau Fakta?
5 Cara Mengatasi Gatal Akibat Diabetes
Penderita Diabetes Tak Boleh Makan Wortel? Ini Faktanya
6 Cara Mencegah Luka Pada Penderita Diabetes

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad