Home  / Kesehatan
Waspada 7 Tanda Awal Kanker Hati yang Jarang Disadari
Selasa, 23 Juli 2019 | 17:56:45
foto: ist.
Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian adalah kanker hati. Masalahnya adalah kita seringkali pengidapnya tidak menyadari gejala awal dari penyakit ini sehingga baru mengetahuinya hati saat kondisinya sudah sangat parah. Sebenarnya, apa sajakah tanda awal kanker hati?

Tanda awal kanker hati yang bisa dikenali dan perlu diwaspadai

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa gejala dari kanker hati yang bisa kita waspadai. Jika kita mampu mendeteksinya dengan dini, diharapkan akan membuat proses pengobatan penyakit ini bisa memberikan hasil yang jauh lebih baik.

Berikut adalah berbagai tanda awal kanker hati yang sebaiknya kita waspadai:

Muncul benjolan di perut

Gejala pertama dari kanker hati yang sebaiknya kita waspadai adalah munculnya benjolan pada perut. Biasanya, benjolan ini berbentuk cukup keras dan muncul di sekitar bagian bawah tulang rusuk di kanan. Benjolan atau pembengkakan ini cenderung tidak akan menyebabkan munculnya sensasi nyeri. Hanya saja, hal ini bisa memicu sensasi tidak nyaman.

Selain benjolan, seringkali kita juga akan mengalami sensasi tidak nyaman pada perut bagian kiri atas. Bisa jadi hal ini menandakan bahwa limpa sudah mengalami pembengkakan akibat hati yang tak lagi berfungsi dengan maksimal.

Nyeri pada perut bagian kanan

Kanker hati bisa memicu pembengkakan pada organ ini dengan signifikan. Hal ini tentu akan menyebabkan tekanan pada berbagai macam jaringan dan saraf yang ada di sekitar hati. Tekanan inilah yang akhirnya memicu sensasi nyeri pada perut bagian kanan. Biasanya, sensasi nyeri ini akan sangat terasa saat menarik napas mengingat tekanan di bagian tubuh ini akan menjadi semakin berat.

Nyeri pada bahu bagian kanan

Selain perut, rasa nyeri juga bisa muncul pada bahu bagian kanan. Pemicunya juga sama, yakni meningkatnya tekanan pada saraf yang ada di sekitar hati. Saraf ini memiliki kaitan hingga ke bagian bahu atau tulang belikat sehingga kita pun akan mengalami sensasi nyeri pada bahu kanan. Hanya saja, ada sebagian penderita kanker hati yang bahkan sampai merasakan sensasi nyeri ini di kedua belah bahunya.

Perubahan warna kulit

Kondisi hati kita akan bisa memberikan dampak langsung pada kondisi kulit. Sebagai contoh, jika kita mengalami perubahan warna kulit, mata, dan kuku menjadi kekuningan, maka hal ini juga bisa menandakan bahwa tubuh telah mengalami kanker hati.

Pakar kesehatan menyebut perubahan warna kulit ini disebabkan oleh menumpuknya garam empedu pada kulit sebagai dampak dari hati yang sudah tidak lagi berfungsi. Selain itu, hal ini juga biasanya akan menyebabkan munculnya sensasi gatal-gatal dan perubahan warna urine menjadi lebih pucat.

Gangguan pencernaan

Kanker hati memicu penumpukan cairan di dalam perut yang bisa menyebabkan gejala perut kembung, mual-mual, muntah, hingga hilangnya nafsu makan. Penumpukan cairan ini bisa saja menjadi semakin parah dan akhirnya mencapai paru-paru yang menyebabkan napas menjadi lebih berat dari biasanya.

Merasa lebih mudah lelah

Tubuh yang mudah lelah adalah gejala yang wajar dari kanker. Hanya saja, kita tidak bisa mengatasinya meski sudah beristirahat dengan cukup sehingga akhirnya mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Terjadi perubahan fisik

Meski cenderung jarang terjadi, dalam beberapa kasus kanker hati akan menyebabkan gejala seperti pembesaran payudara pada pria, hipoglikemia, dan menurunnya ukuran testis. Berbagai gejala ini muncul akibat berubahnya keseimbangan hormon tubuh.

(doktersehat.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ranitidin, Obat Asam Lambung yang Diduga Picu Kanker
KPUD Siak Tandatangani NPHD Pilkada 2020
Demi Coba Kayu Bajakah, Pasien Kanker Rela Tunda Pengobatan Medis
HUT ke-62, Pemprov Beri Tanda Jasa 12 Pahlawan Riau
5 Cara Mencegah Masalah Hati Berlemak

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad