Home  / Kesehatan
7 Manfaat Buah Pala Sesuai dengan Kajian Sains
Jumat, 14 Juni 2019 | 15:24:03
photo credit: Shopify
PALA adalah salah satu rempah-rempah yang banyak dihasilkan di Indonesia dan diekspor ke banyak negara di seluruh dunia. Biji yang sangat keras ini biasanya dihancurkan atau dibuat bubuk untuk penyedap makanan. Namun, tahukah Anda kalau buah atau biji pala ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, sudah banyak penelitian yang mendukung manfaat itu.

Manfaat buah pala untuk kesehatan tubuh

Buah pala ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh meski tidak semua orang menyadarinya. Berikut beberapa manfaat dari pala yang sudah memiliki dukungan penelitian ilmiah.

Mengandung komponen anti inflamasi

Buah pala yang diekstrak dan diambil minyaknya memiliki cukup banyak manfaat karena mengandung komponen anti inflamasi. Seperti yang kita ketahui, inflamasi yang cukup kronis di dalam tubuh bisa menyebabkan cukup banyak masalah seperti diabetes hingga gangguan pada jantung.

Buah pala mengandung komponen anti inflamasi bernama monoterpenes. Kalau komponen anti inflamasi ini masuk ke dalam tubuh, organ yang akan mengalami inflamasi atau rawan sekali mengalami inflamasi akan segera dicegah. Penelitian tentang kemampuan ini masih butuh tindak lanjut. Meski demikian tidak adalah salahnya mencoba asal dalam penggunaan wajar.

Memiliki antioksidan yang kuat

Buah pala memiliki komponen antioksidan yang sangat kuat dan bisa mencegah masuknya radikal bebas dari luar. Komponen radikal bebas ini akan melindungi sel-sel terluar dari tubuh yang mudah sekali mengalami infeksi. Komponen antioksidan kuat yang ada di dalam biji pala adalah jenis phenolic termasuk di dalamnya protocatechuic, ferulic, dan kafein.

Anda bisa mendapatkan fungsi dari antioksidan ini kalau menggunakan pala dalam bentuk serbuk dan dicampur dengan makanan. Efek lain yang lebih kuat bisa didapatkan kalau Anda menggunakan minyak esensial yang didapatkan dengan membuat ekstrak biji pala yang sudah kering.

Bisa meningkatkan gairah seksual

Salah satu manfaat dari biji pala yang cukup hebat meski belum banyak yang mengetahuinya adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah seksual. Dari penelitian terhadap hewan didapatkan fakta kalau ekstrak dari biji pala bisa meningkatkan libido dan peningkatan aktivitas seksual dibandingkan yang tidak memakainya.

Meski penelitian terhadap manusia belum dilakukan, beberapa pengobatan tradisional di Asia Selatan banyak menggunakan pala untuk mengatasi disfungsi seksual. Biji ini memiliki kemampuan untuk menstimulasi sistem saraf yang dimiliki oleh tubuh sehingga gangguan kemampuan seksual bisa diatasi. Penggunaan pala tidak akan langsung menyembuhkan, tapi butuh olahraga dan perubahan pola makan.

Kemungkinan menjaga kesehatan jantung

Dari studi yang dilakukan pada hewan, ekstrak dari pala diketahui mampu menjaga kesehatan dari jantung. Fungsi ini didapatkan karena pala mampu mencegah terjadinya kenaikan dari kolesterol yang tinggi. Selain itu peningkatan trigliserida juga bisa dihindari sehingga jantung selalu ada pada kondisi terbaiknya.

Studi yang dilakukan pada manusia memang belum ada sampai sekarang. Meski demikian, beberapa orang tetap menggunakannya entah sebagai campuran jamu herbal atau untuk campuran masakan saja. Terlepas dari fungsinya untuk tubuh, pala tetap bisa diandalkan untuk memberikan rasa nikmat pada makanan.

Memiliki komponen anti bakteri

Komponen anti bakteri juga bisa didapatkan di dalam biji pala yang diekstrak atau dikonsumsi secara langsung setelah dihancurkan. Komponen anti bakteri yang dimiliki oleh pala mampu membunuh beberapa jenis bakteri yang berbahaya. Bahkan bisa menyebabkan kematian pada seseorang.

Sayangnya fungsi ini hanya dilakukan pada test di laboratorium dengan menggabungkan ekstrak pala dengan bakteri spesifik. Tes pada manusia masih belum dilakukan hingga sekarang. Oh ya, meski belum ada penelitian, ekstrak dari pala sudah banyak digunakan untuk mengatasi dan mencegah infeksi bakteri yang terjadi di mulut.

Meningkatkan mood seseorang

Penelitian tentang efek dari ekstrak pada untuk mood dari manusia memang belum banyak dilakukan. Namun, dari studi yang dilakukan pada beberapa jenis tikus didapatkan data kalau pala bisa digunakan sebagai antidepresan. Artinya tikus yang dibuat stres mengalami perubahan mood sehingga lebih stabil.

Meski belum ada penelitian pada manusia, tidak ada salahnya untuk menggunakan biji pala untuk memperbaiki mood. Misal digunakan sebagai campuran teh herbal untuk membuat pikiran jadi lebih tenang apalagi wanita yang sedang mengalami menstruasi. Biasanya mood mereka akan mengalami gangguan yang cukup besar.

Mengontrol gula darah di dalam tubuh

Dari studi yang dilakukan dengan menggunakan mencit, didapatkan data kalau penggunaan biji pala yang diekstrak lalu diberikan langsung ke mencit menyebabkan gula darah jadi turun. Bahkan, fungsi dari pankreas yang bekerja untuk menghasilkan pankreas sehingga gula darah bisa digunakan oleh tubuh.

Hingga saat ini belum ada penelitian pada manusia yang dipublikasikan. Namun, kemungkinan besar memberikan efek yang sama yaitu mengatasi masalah gula darah yang berlebihan. Kalau hal ini terbukti dengan jelas, bukan tidak mungkin kalau biji pala bisa digunakan untuk menjadi obat herbal untuk mengatasi dan mencegah diabetes tipe 2.

Kalau Anda menderita diabetes, tidak ada salahnya menggunakan pala untuk bumbu masakan. Kalau pun nanti Anda mendapatkan manfaat dari penurunan gula darah yang cukup signifikan, itu adalah bonus saja. Kenali perubahan pada tubuh Anda untuk melihat efeknya.

Manfaat dari buah pala untuk kesehatan tubuh ada banyak dan bisa dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Nah, kira-kira dari beberapa manfaat yang telah diulas di atas, mana saja yang paling hebat sehingga semua orang harus mendapatkannya. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan dan menambah pengetahuan tentang manfaat rempah-rempah.

(doktersehat.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
7 Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang. Jangan Disepelekan!
Inilah Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh
8 Manfaat Terapi Ikan bagi Kesehatan Berikut Bahayanya
10 Manfaat Ngemil bagi Kesehatan
10 Manfaat Bawang Prei bagi Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad