Home  / Kesehatan
6 Obat Alami untuk Mengatasi Amandel
Selasa, 4 Juni 2019 | 21:20:53
istimewa
Salah satu masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa saja adalah radang amandel. Masalah kesehatan ini bisa membuat kita merasakan sensasi nyeri dan tidak nyaman di bagian ujung tenggorokan. Bahkan, ada yang sampai mengalami kesulitan menelan akibat hal ini.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah amandel
Amandel terjadi akibat peradangan pada tenggorokan yang membuat bagian tubuh ini mengalami pembengkakan. Seringkali, radang amandel disebabkan oleh infeksi bakteri atau infeksi virus. Untuk menanganinya, kita bisa mengonsumsi obat-obatan khusus atau menjalankan prosedur operasi. Selain itu, kita juga bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasinya.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa mengatasi radang amandel.

Jahe

Salah satu rempah yang paling sering dijadikan bahan obat-obatan alami adalah jahe merah. Jahe sering dijadikan bahan minuman yang hangat dan menyegarkan. Mengonsumsinya juga bisa mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh, termasuk radang amandel. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan anti bakteri, anti virus, dan anti peradangan di dalam rempah ini.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi air rebusan jahe dua kali sehari, yakni di waktu pagi dan sore. Untuk membuatnya, kita hanya perlu menyiapkan satu gelas air rebusan jahe merah yang dicampur dengan dua sendok makan madu. Kombinasi dari kedua bahan alami ini bisa mengatasi amandel dengan efektif.

Bawang putih

Bawang putih lebih dikenal sebagai bumbu masakan. Padahal, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa bawang putih juga memiliki manfaat kesehatan, termasuk dalam hal mengatasi berbagai macam penyakit. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan anti peradangan dan antibiotik alami berupa allicin di dalam bawang putih.

Jika kita ingin mengatasi radang amandel dengan menggunakan bawang putih, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengunyah langsung satu suing bawang putih setiap hari. Hanya saja, jika kita tidak suka dengan rasa bawang putih, kita bisa menjadikannya campuran makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Jambu biji

Salah satu buah yang paling sering dijadikan jus ini ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah radang amandel, lho. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C di dalamnya yang sangat tinggi. Kandungan ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih kuat melawan peradangan pada amandel. Mengonsumsinya dua kali setiap hari bisa membantu mengatasi masalah kesehatan ini.

Kunyit

Kunyit yang sering dijadikan campuran makanan tradisional ini ternyata tinggi kandungan anti peradangan dan antiseptic alami. Rutin mengonsumsinya tentu bisa membantu mengatasi radang amandel sekaligus melawan infeksi.

Kunyit bisa dicampurkan dengan susu hangat. Kita bisa mengonsumsinya setiap malam selama 2-3 hari demi mengatasi masalah radang amandel.

Kayu manis

Selain dijadikan campuran makanan atau dijadikan pengganti gula, kayu manis juga bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi masalah radang amandel. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antimikroba di dalamnya. Kandungan ini akan melawan perkembangan bakteri di dalam tenggorokan dan bagian amandel. Rutin mengonsumsi kayu manis, baik itu yang dicampurkan di dalam minuman atau makanan tentu akan bisa mengatasi radang amandel dengan efektif.

Air garam

Berkumur-kumur dengan air garam bisa mengatasi radang tenggorokan. Melakukannya juga bisa membantu mengatasi amandel dan meredakan infeksi. Lakukan secara rutin beberapa kali sehari demi mendapatkan manfaatnya.

Sebagai informasi, kita hanya perlu mencampurkan satu gelas air hangat dengan setengah sendok teh air garam untuk membuat rambuan untuk berkumur-kumur ini.

(doktersehat.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
8 Obat Pegal Linu paling Ampuh
Gali Potensi Tanaman Obat, Babinsa Kempas Ikuti Kegiatan Budidaya Tanaman Obat
5 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Mengobati Diabetes
Laksanakan Pengobatan Gratis, Koramil 14/Kepenuhan Gandeng Puskesmas
2 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Obat Asam Urat

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad