Home  / Kesehatan
Hindari Makanan dan Minuman Ini Agar Gigi Anda Tetap Sehat
Rabu, 17 April 2019 | 16:24:46
(Doc. Net)
Ilustrasi
JAKARTA - Menjaga kesehatan gigi bukan hanya dengan rutin membersihkannya. Makanan dan minuman yang Anda konsumsi memegang peranan penting bagi kesehatan gigi dan mulut. Beberapa makanan bisa membuat gigi mudah berlubang dan membuat karies gigi.
Dilansir dari Klik Dokter.

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang bisa sebabkan kerusakan pada gigi.

1. Es batu

Tak sedikit orang senang mengunyah es batu tersebut. Meskipun kandungan di dalamnya hanya air, tetapi mengunyah benda keras bisa merusak enamel gigi, sehingga bisa menyebabkan gigi retak atau patah. Jika hal ini terjadi, gigi kan menjadi lebih mudah terasa sensitif.

2. Keripik kentang

Keripik kentang mengandung pati, yang dapat berubah menjadi gula bila terjebak pada sela-sela gigi. Jika gula tersebut sudah terjebak di sela-sela gigi, maka itu akan menjadi makanan bakteri yang tinggal di dalam plak.

3. Jeruk

Kandungan vitamin C yang kaya dalam buah jeruk memang membawa banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh. Namun, kandungan asam di dalamnya bisa mengikis lapisan enamel pada gigi, sehingga gigi rentan mengalami kerusakan.

4. Soda

Minuman bersoda merupakan minuman yang dapat merusak kesehatan gigi. Kandungan gula, asam, dan karbonasi yang ada di dalamnya dapat mempercepat pertumbuhan bakteri perusak gigi. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mempercepat terjadinya proses pengikisian lapisan enamel si lapisan pelindung gigi.

5. Roti

Ketika Anda mengunyah roti, air liur akan memecah pati menjadi gula. Zat yang berubah menjadi seperti pasta tersebut akan menempel pada celah di antara gigi, dan ini bisa menyebabkan gigi berlubang. Jika Anda penyuka roti, pilihlah roti yang terbuat dari gandum utuh, bukan tepung olahan. Jenis roti tersebut mengandung lebih sedikit gula dan tak mudah dipecah.

6. Minuman beralkohol

Mengonsumsi jenis minuman ini bisa mengurangi produksi saliva atau air liur, yang diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan gigi. Saliva mencegah makanan menempel di gigi sekaligus menyapu partikel makanan. Saliva bahkan dapat membantu memperbaiki tanda awal kerusakan gigi, penyakit gusi, dan infeksi oral lainnya.

(jarrak.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Benarkah Pasta Gigi Bisa Atasi Gas Air Mata? Begini Faktanya
Manfaat Sayuran Pahit yang Harus Kamu Ketahui
500 Peserta Ramaikan Kayuh Wisata Sehat Bank Riau Kepri 2019
Tren Kesehatan RS Columbia Asia 2019, Luncurkan Aplikasi Ponsel Demi Kenyamanan Pasien
Pria China Tewas Digigit Setelah Coba Berfoto dengan Seekor King Cobra

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad