Home  / Kesehatan
Ini Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Penyakit Kanker
Senin, 4 Februari 2019 | 14:46:31
(Doc. Net)
Ilustrasi
JAKARTA - Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menyebut bahwa angka kejadian kanker di Indonesia meningkat, dari awalnya 1,4% menjadi 1,8%. Penyebab kanker pun sangat beragam. Salah satunya bisa dari kebiasaan buruk yang sering dilakukan.

Terkait kebiasaan sehari-hari yang berhubungan erat dengan kejadian kanker, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Orang yang gemar merokok memiliki risiko terkena kanker lebih besar dibandingkan orang yang tidak merokok. Hal ini karena rokok mengandung nikotin dan beragam zat beracun lain, yang berpotensi menyebabkan mutasi gen.

Kanker paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker usus besar adalah contoh penyakit kanker yang bekaitan erat dengan kebiasaan merokok.

2. Makan Berlebihan

Makan berlebihan akan memicu kelebihan berat badan atau obesitas, yang jika tidak segera ditangani dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kanker. Hal yang menyebabkan orang obesitas menderita kanker adalah terjadinya peningkatan kadar estrogen dan hormon lain. Hal tersebut menyebabkan terjadinya pertumbuhan sel secara tidak normal di dalam tubuh.

Beberapa jenis kanker yang terjadi akibat keadaan ini, misalnya kanker payudara dan kanker usus besar.

3. Kurang Olahraga

Kurang olahraga dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, karena metabolisme di dalam tubuh tidak berjalan dengan optimal.

4. Konsumsi Alkohol

Semakin banyak Anda mengonsumsi alkohol, maka risiko terjadinya penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker hati dan kanker perut, juga meningkat berlipat ganda.

5. Kurang Tidur

Tubuh dan otak membutuhkan istirahat yang cukup, kira-kira selama 8 jam dalam semalam. Ketika tidur cukup, tubuh Anda menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel. Sebaliknya, jika kurang tidur, produksi hormon melatonin tentu akan terganggu sehingga berpotensi membuat sel-sel yang normal berubah menjadi sel kanker.

6. Pola Makan Tidak Sehat

Gemar makan daging berlemak dan makanan tinggi kadar gula dapat meningkatkan risiko penyakit kanker. Hal ini semakin bertambah parah jika Anda juga jarang mengonsumsi sayur atau buah-buahan.

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Demi Coba Kayu Bajakah, Pasien Kanker Rela Tunda Pengobatan Medis
Peduli Dampak Buruk Akibat Asap, Satlantas Bagi Bagi Masker Kepada Pengendara
Waspada 7 Tanda Awal Kanker Hati yang Jarang Disadari
Kanker Paru Bisa Menyerang Non-perokok
Perut Buncit Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Prostat?

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad