Home  / Kesehatan
Ragam Manfaat di Balik Nikmatnya Durian
Senin, 28 Januari 2019 | 14:22:29
(Doc. Net)
JAKARTA - Beberapa hari lalu, publik diramaikan oleh kabar durian seharga Rp14 juta. Durian berlabel J-Queen itu muncul di deretan buah di Supermarket Asia Plaza, Tasikmalaya.

Buah itu disebut langka lantaran hanya berbuah tiga tahun sekali. Ia merupakan hasil perkawinan beberapa jenis durian unggulan di Indonesia.

Namun, tak peduli durian montong, durian J-Queen, atau jenis lainnya, durian tetaplah durian dengan kulit berduri dan bau tajam. 

Tak cuma bikin lidah bergoyang lantaran kenikmatannya, buah berduri itu juga punya beberapa manfaat buat kesehatan.

Berikut merangkum berbagai sumber, manfaat durian bagi tubuh.

1. Antidepresan

Kadar serotonin rendah bisa memicu stres dan depresi. Durian mampu mendorong produksi serotonin berkat kandungan vitamin B6. 

Dalam 100 gram durian mengandung 0,32 miligram vitamin B6. Konsumsi dalam jumlah tepat dan tak berlebihan mampu mengusir stres dan mencegah timbulnya depresi. 

2. Melancarkan sistem pencernaan

Mengutip Organic Facts, Nurul Arneida Husin dari Asian Institute of Medical, Science, and Technology, Malaysia, menyarankan seseorang untuk mengonsumsi durian demi kelancaran sistem pencernaan.

Durian banyak mengandung serat yang mampu meningkatkan pergerakan usus hingga makanan bisa lewat dengan mudah. Tak hanya itu, serat juga menstimulasi gerakan peristaltik dan sekresi cairan untuk mencerna makanan. Secara tidak langsung, durian dapat mencegah konstipasi, kembung, dan kram perut.

3. Antipenuaan

Makan durian bisa jadi salah satu cara untuk menunda kemunculan tanda penuaan. Mengapa? Sederhana saja, sebab durian kaya akan kandungan vitamin C. Dalam 100 gram durian, terdapat 19,2 miligram vitamin C. Vitamin ini jadi komponen antioksidan yang ampuh melawan oksidasi radikal bebas. 

4. Cegah kanker

Ada kabar baik buat para penggemar durian. Mengonsumsi durian disebut juga mampu menjauhkan seseorang dari risiko kanker. Hal ini disebabkan oleh vitamin, mineral, serta komponen lain yang bekerja sebagai antioksidan si pencegah kanker.

Antioksidan bakal bekerja melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh. Radikal bebas bisa merusak sel dan mengubah mereka jadi sel kanker. 

5. Jaga kesehatan tulang dan gigi

Tak hanya pisang dan alpukat yang punya potasium. tapi juga durian. Buah ini diperkaya dengan kandungan potasium hingga 436 miligram per 100 gram sajian. Perpaduan potasium, kalsium, dan vitamin B membuat durian mampu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. 

6. Obati insomnia

Durian disebut mampu memulihkan gangguan tidur. Hal ini didorong oleh kandungan triptofan yang ada di dalamnya.

Triptofan bekerja dengan memasuki otak dan diubah menjadi serotonin. Serotonin menimbulkan rasa rileks dan kegembiraan. Kelebihan serotonin kemudian melepas melatonin ke dalam aliran darah sehingga tubuh merasa lelah dan perlahan mengantuk. 

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
8 Manfaat Biji Seledri untuk Kesehatan Tubuh
‘Warning’ Pengadaan Seragam Sekolah Harus Menunggu Izin Disdik
5 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan Tubuh
Inilah Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh
Ragam Nama Semen China: dari Garuda Hingga Jakarta

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad