Home  / Kesehatan
Makanan Penjaga Kecerdasan Bayi saat Dalam Kandungan
Jumat, 11 Januari 2019 | 17:25:38
(kkolosov/Pixabay)
Ilustrasi sayuran hijau
JAKARTA - Orang tua mana yang tak menginginkan si buah hati menjadi anak yang cerdas? Menjadi cerdas bakal jadi penentu bagi kelangsungan hidup si anak. 

Setiap orang tua pasti menginginkan si buah hati tumbuh cerdas. Beberapa dari orang tua memberikan asupan berbagai buku, mainan, dan masih banyak lagi sebagai upaya mencerdaskan anak. 

Namun, kecerdasan tak cuma perkara melatih otak dengan berbagai asupan saat si anak telah lahir. Kecerdasan juga bisa dibentuk bersamaan dengan konsumsi makanan sehat kaya nutrisi penting saat masa kehamilan. 

Otak bayi akan mulai berkembang pada trimester pertama. Waktu menjadi menjadi sangat penting bagi Anda untuk mulai rajin mengonsumsi makanan sehat sejak awal kehamilan demi fungsi otak anak yang baik.

Berikut mengutip Boldsky, beberapa makanan sehat yang harus dikonsumsi ibu saat kehamilan.

1. Bayam dan sayuran hijau lainnya
Selama kehamilan, sayuran hijau memberi Anda lebih banyak manfaat. Bayam, misalnya, mengandung asam folat dan zat besi yang penting untuk perkembangan bayi. 

100 gram bayam mengandung 194 mikrogram folat dan 2,71 miligram zat besi. Selain itu, bayam juga mengandung 2,86 gram protein, 2,2 gram serat makanan, sejumlah vitamin, sederet mineral, dan masih banyak lagi.

Asam folat diperlukan untuk mereplikasi DNA, metabolisme vitamin, dan perkembangan tabung saraf bersamaan dengan berbagai manfaat lain untuk ibu dan bayi. Kekurangan asam folat selama kehamilan telah terbukti secara ilmiah dapat menimbulkan cacat lahir pada bayi.

Zat besi diperlukan untuk perkembangan jaringan janin, pertumbuhan sel darah merah, pengangkutan oksigen ke otak bayi, dan segudang fungsi penting lainnya.

Konsumsi sayuran hijau seperti bayam membantu meningkatkan asupan zat besi dan folat secara alami. Akan tetapi, pastikan Anda mencuci sayuran dengan baik sebelum memasaknya.

2. Buah-buahan

Buah-buahan segar mengandung vitamin dan mineral penting yang berlimpah. Sebut saja jeruk, blueberry, delima, pepaya, mangga, jambu biji, pisang, anggur, dan apel. 

Namun, di antara semua ini, blueberry dianggap yang terbaik. Pasalnya, blueberry kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Sebagai informasi, kelebihan radikal bebas berkaitan dengan kerusakan otak dan dengan demikian menghambat perkembangan otak pada bayi yang baru lahir.

3. Telur dan keju

Tak hanya kaya akan protein, tapi telur juga penuh dengan kandungan vitamin dan mineral penting. Telur juga mengandung asam amino yang disebut kolin. Sementara keju merupakan sumber vitamin D.

Saat ini, vitamin D dan kolin telah terbukti secara ilmiah berpengaruh dalam perkembangan otak pada janin. Kekurangan vitamin D dan kolin hanya akan merusak kesehatan otak bayi, menyebabkan kecacatan, atau berujung pada kinerja buruk di kemudian hari.

4. Ikan dan makanan laut

Yodium dan asam lemak omega-3 dipercaya berperan dalam menjaga fungsi otak tetap sehat. Keduanya sangat penting dalam perkembangan kecerdasan emosi bayi.

Sebuah studi pada 2013 menemukan bahwa suplemen yodium yang tepat selama kehamilan berhasil menghapus sebagian besar risiko gangguan mental. 

Studi lainnya pada 2010 menemukan peran penting asam lemak omega-3 dalam perkembangan otak pada janin. 

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, Anda perlu terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter karena beberapa ikan disebut mengandung merkuri dan zat-zat berbahaya tertentu.

5. Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu kaya protein. Protein sangat dibutuhkan oleh rahim untuk mengembangkan sel-sel saraf dalam tubuh. 

Selain protein, yogurt juga memiliki manfaat tambahan, yaitu probiotik yang mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik untuk tubuh. 

6. Almond

Secara tradisional, almond dikenal sebagai 'makanan otak'. Sebanyak 100 gram almond mengandung 579 kilokalori, 21 gram protein, 12,5 gram serat, 44 mikrogram folat, dan 3,71 miligram zat besi. 

Anda dapat mengonsumsi segenggam almond mentah setiap hari untuk melahirkan bayi yang cerdas.

7. Kacang polong

Jika Anda menyukai kacang selama kehamilan, Anda bisa mengonsumsi kacang polong. Sebabnya, kacang polong mengandung sebagian besar vitamin dan mineral yang telah disebutkan di atas.

8. Susu

Selama hamil, penting bagi seorang ibu untuk mengonsumsi susu. Susu akan memelihara bayi yang sedang tumbuh yang dengan demikian mengembangkan kemampuan otak.

Minum susu selama kehamilan akan secara signifikan meningkatkan peluang Anda melahirkan anak jagoan. 

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
5 Makanan Enak yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker
Bahan Makanan dan Transportasi Picu Inflasi di Riau
10 Penyakit Kulit pada Bayi yang Sering Terjadi (Dilengkapi Pengobatan)
Mohamed Salah Diledek Seperti Bayi di Pesawat
Daftar Makanan Wajib untuk Penderita Tuberkulosis

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad