Home  / 
Alhamdulillah Terhindar Kemarau, Prediksi BMKG Kuansing Diguyur Hujan hingga Maret
Rabu, 9 Januari 2019 | 21:57:36
istimewa
KUANSING, riaueditor.com - Kekhawatiran masyarakat Kuansing akan terjadinya kamarau panjang, akhirnya terbantahkan. Penyebabnya beberapa hari terakhir hujan mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Kuansing.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memperkirakan hujan diperkirakan tetap akan mengguyur Provinsi Riau secara umum dan khususnya Kabupaten Kuansing. Meski awal tahun 2019 ini Provinsi Riau terdampak El Nino.

Kepala Stasiun Klimatologi Tambang Indra Purna, SP MSi melalui stafnya Aristya Ardhitama mengatakan bahwa Provinsi Riau awal tahun 2019 ini akan terdampak El Nino.

"El Nino menyebabkan curah hujan di wilayah Riau lebih rendah dari rata-rata normalnya," katanya.

Hasil analisis BNKG katanya, perairan Indonesia masih cukup hangat yang berpotensi menambah uap air dan awan hujan di wilayah Indonesia.

"Anomali positif ini membuat terjadinya peristiwa ENSO yaitu El Nino dalam skala lemah hingga menengah. Sehingga masih ada peluang hujan," katanya.

Kondisi itu lanjutnya, berdampak pada wilayah Riau, yakni peningkatan pembentukan awan hujan karena proses konveksi air laut diprakirakan akan bertambah dengan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

"Prakiraan sifat hujan bulan Januari 2019 di Riau bervariasi dari Bawah Normal hingga atas normal," katanya.

Kriteria daerah yang diprakirakan akan mengalami curah hujan kategori bawah normal terjadi di Kabupaten Kampar bagian Timur dan Barat. Sebagian kecil daerah di Kabupaten Siak bagian Barat, dan Kabupaten Indragiri Hulu bagian Utara dan Timur.

"Daerah yang diprakirakan mengalami sifat hujan kriteria atas normal adalah Kota Dumai, Rokan Hilir dan sebagian besar Bengkalis," katanya.

Sementara untuk Kabupaten Kuansing, katanya, curah hujan masih dalam kriteria normal. Sehingga prediksi hujan masih akan terjadi hingga bulan Maret mendatang meski dengan intensitas yang berbeda-beda.

"Jadi warga jangan khawatir dengan adanya kabar kemarau panjang. Karena itu tidak betul. Karena kita masih berpeluang hujan hingga Maret mendatang," katanya.***

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Walau Korban Berjatuhan, Balap Liar Dikompleks Pemda Kuansing Tetap Marak
Tingkatkan PAD, Bapenda Kuansing Validasi Data PBB-P2
Musim Kemarau, Dandim 0320/Dumai Ingatkan Warga Jaga Lahan Masing-masing
Hobi Tantangan.. Kuansing Punya Arung Jeram yang Memacu Adrenalin
Mau Terhindar Sakit Jantung? Coba Konsumsi Ini

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad