Home  / Jagad Unik
Nanti Malam, Gerhana Bulan Stroberi Hiasi Langit Indonesia
Jumat, 5 Juni 2020 | 18:40:00
foto/istockphoto
Foto: Ilustrasi Strawberry Full Moon.
JAKARTA - Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) mengatakan Gerhana Bulan Penumbra atau bulan stroberi akan terjadi pada 6 Juni 2020. Itu artinya fenomena bulan stroberi ini juga akan menghiasi langit Indonesia.

Penyebutan bulan stroberi ini diberikan oleh suku Algonquin yang merupakan suku pribumi Amerika Serikat. Fenomena ini berkaitan dengan tanda musim memanen stroberi di kawasan timur laut Amerika Serikat.

Nama lain dari purnama di bulan ini adalah Hot Moon (Bulan Panas) karena pada bulan Juni di belahan Utara Bumi tepatnya di Garis Balik Utara (23,5 derajat Lintang Utara)

Gerhana Bulan ini akan dimulai pada pukul 00.45 WIB. Fenomena ini akan berada di puncaknya pada pukul 02.24 WIB dan berakhir pada pukul 04.04 WIB. Purnama ini dapat disaksikan dari arah Barat Daya.

Nasa menjelaskan fenomena ini terjadi karena Matahari dan Bulan akan berada di sisi Bumi yang hampir beseberangan. Bayangan Bumi akan meredupkan bulan. Bulan ini akan tampak membesar dan berwarna keemasan," ujar The Old Farmer's Almanac.

Bulan ini dikenal dengan nama lain oleh kelompok masyarakat tertentu. Fenomena ini disebut sebagai bulan madu di Eropa. Masyarakat Hindu menyebutnya Vat Purnima dan masyarakat Budha menyebutnya Poson Poya.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Amalan dan Keutamaan di Bulan Zulkaidah
Gerhana Matahari Cincin Terlihat di Makkah Selama 2,5 Jam
Serba-serbi Mitos dan Takhayul Terkait Gerhana Matahari
Catat! Besok Malam Ada Gerhana Matahari Cincin, Cek Waktunya
Gerhana Matahari 21 Juni, Warga Diimbau Sholat Kusuf

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter