Home  / Jagad Unik
Viral Ikan Berwajah Manusia, Cek Faktanya Yuk
Selasa, 12 November 2019 | 16:30:55
Photo : U-Report
Ikan mas berwajah manusia
Belakangan viral video ikan berwajah mirip manusia di media sosial dan grup WhatsApp. Kalau dilihat sekilas memang tampak ikan yang bergerak tersebut menampilkan fitur layaknya wajah manusia. 

Tapi sebenarnya bagaimana faktanya? Pengecekan laman Snopes atas video ikan berwajah manusia itu menghasilkan beberapa temuan dan fakta lho. Kamu penasaran ya, yuk simak cek fakta ikan 'berwajah manusia' tersebut. 

Awal mula video

Penelusuran laman Snopes menunjukkan, video ikan berwajah manusia direkam di sebuah lokasi di China. Dari pengecekan audio dalam salinan video tersebut, suara orang yang muncul terdengar bercakap menggunakan bahasa China. Makanya berkesimpulan video ini asalnya dari China. 

TikTok

Video ikan berwajah manusia ini pertama kali menyebar pada platform Douyin atau populer dengan nama TikTok. Selain di TikTok, video ini menyebar di media sosial China, Weibo. 

Snopes mengakui mendapatkan video viral tersebut dari akun Facebook Newsflare. Namun video postingan akun itu merupakan salinan bukan video atau rekaman asli.

Asli atau tidak?

Laman Snopes melabeli video ikan 'berwajah manusia' itu dengan status 'belum terbukti'. Karena laman ini belum mendapatkan informasi sahih atas video viral tersebut. 

(viva.co.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Dorong Penggunaan Pupuk Organik, Yonif 125 bersama P2L Berikan Penyuluhan Kepada Warga Perbatasan
Bank Harus Kembalikan Dana LPS Setelah 6 Bulan Disuntik
Jaga Imun saat Pademi Covid-19, Forikan Siak Gencar Kampanyekan Makan Ikan
Myanmar Siapkan Buku Pendidikan Seks, Biksu: Itu Buku Pelajaran atau Majalah Porno?
Kapolri Naikkan Pangkat 11 Perwira Tinggi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter