Studi: Bumi Capai Suhu Paling Panas Sejak 12 Ribu Tahun Terakhir
Kamis, 28 Januari 2021 | 22:03:49
Ilustrasi perubahan iklim (AFP)
JAKARTA - Menurut sebuah penelitian, planet Bumi pada saat ini berada pada suhu yang lebih panas daripada yang telah terjadi setidaknya selama 12.000 tahun terakhir, periode yang mencakup seluruh perkembangan peradaban manusia.

Melansir The Guardian, Kamis (28/1/2021), analisis suhu permukaan laut menunjukkan perubahan iklim yang didorong oleh manusia telah menempatkan dunia di "wilayah yang belum dipetakan", kata para ilmuwan.

Planet ini bahkan mungkin berada pada suhu terhangat selama 125.000 tahun, meskipun data sejauh itu kurang pasti.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature, mencapai kesimpulan ini dengan memecahkan teka-teki lama yang dikenal sebagai "teka-teki suhu Holosen".

Model iklim telah menunjukkan pemanasan terus menerus sejak zaman es terakhir berakhir 12.000 tahun yang lalu dan periode Holosen dimulai.

Tetapi perkiraan suhu yang berasal dari cangkang fosil menunjukkan puncak pemanasan 6.000 tahun yang lalu dan kemudian mendingin, hingga revolusi industri mengirimkan emisi karbon yang melonjak.

(sumber: liputan6.com)