Home  / Iptek
Riset Terbaru, Ada Pengaruh Covid-19 dengan Kerusakan Otak
Rabu, 8 Juli 2020 | 16:38:35
(AP/Rajanish Kakade)
Foto: Wabah Corona di India
JAKARTA - Para ilmuan memperingatkan bahwa ada kemungkinan gelombang kerusakan otak, akibat Covid-19. Hal ini setidaknya dipaparkan dari hasil riset University College London, sebagaimana ditulis Reuters.

Covid-19 disebut bisa menyebabkan komplikasi neurologis yang parah, termasuk peradangan, psikosis (gangguan realita), dan delirium (gangguan mental yang menyebabkan kebingungan). dari studinya UCL menggambarkan 43 kasus pasien Covid, yang menderita disfungsi otak sementara, stroke hingga kerusakan saraf dan efek serius otak lainnya.

"Apakah kita akan melihat epidemi pada kerusakan otak skala besar ... masih harus dilihat," kata Michael Zandi, dari UCL's Institute Neurologi, yang ikut memimpin penelitian.

Penelitian ini memperkuat pernyataan sebelumnya dari sejumlah ahli saraf dan dokter spesialis bahwa ada bukti dampak Covid-19 pada otak. Meski demikian sebagian besar dampak corona, hingga kini masih terkait penyakit pernafasan.

"Kekhawatiran saya adalah kita memiliki jutaan orang dengan Covid-19 sekarang. Dan jika dalam waktu satu tahun kita memiliki 10 juta orang yang pulih, dan orang-orang itu memiliki defisit kognitif," ujar Adrian Owen, seorang ahli saraf di Western Universitas di Kanada, kepada Reuters.

"Maka itu akan mempengaruhi kemampuan mereka untuk bekerja dan kemampuan mereka untuk melakukan kegiatan kehidupan sehari-hari."

Meski demikian penelitian lanjutan tetap dibutuhkan untuk pembuktian lebih lanjut. Penelitian besar dan rinci, serta pengumpulan data yang global penting dilakukan.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Patroli Gabungan TNI-Polri dan Satpol PP Siak Imbau Warga Gunakan Masker dan Jaga Jarak
Antisiapasi Penyebaran Covid-19, Polsek Tanah Putih Lakukan Pendisiplinan Adaptasi Kebiasaan Baru
Percepat Penanganan Covid-19, Gubri Gelar Pertemuan Dengan Bupati Wali Kota Se-Riau
Rusia Klaim Rampungkan Uji Klinis Vaksin Covid-19, Dokter Jadi Prioritas
Efek Narkoba Pada Otak: Dari Kebutaan Sampai Kerusakan Saraf

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter