Home  / Iptek
Penemuan Vaksin Corona Sulit, Imunisasinya Lebih Sulit
Senin, 25 Mei 2020 | 21:36:39
(AP/David J. Phillip)
Foto: AP/David J. PhillipIlustrasi Vaksin Antibodi untuk Covid-19
JAKARTA - Para ahli kesehatan khawatir akan ada banyak negara berkembang yang bisa saja tidak dapat mendapatkan vaksin virus corona jika nantipun sudah siap. Hal ini pun berkaca dari banyaknya gangguan sistem distribusi pada program imunisasi global yang terjadi sejak pandemi virus corona merebak.

Badan kesehatan Dunia (WHO) dan aliansi vaksin GAVI mengatakan pada hari Jumat lalu (22/05), setidaknya terdapat 80 juta anak-anak di 68 negara yang berisiko terkena penyakit difteri, campak dan polio.

Akibat kendala yang terjadi pada sistem program imunisasi seperti pembatasan perjalanan, keterlambatan pengiriman dan ketakutan orang tua dalam bepergian keluar rumah.

Kepala eksekutif GAVI Seth Berkley mengatakan, jika ini terus berlanjut, maka sebagian besar dunia kemungkinan tidak bisa mendapatkan vaksin COVID-19 yang sedang diuji oleh lebih dari 100 proyek di penjuru dunia.

"Jika kita mengabaikan rantai pasokan dan infrastruktur imunisasi, resiko serupa bisa saja terjadi pada vaksin COVID-19, yang merupakan peluang terbaik kita dalam mengalahkan pandemi ini," kata Berkley melalui konferensi call dengan WHO.

Rencananya, Global Vaccines Summit virtual akan diselenggarakan pada 4 Juni mendatang, dengan proyeksi pengumpulan dana sebesar USD $ 7,4 miliar untuk program imunisasi 300 juta anak dunia periode 2021-2025.


(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tips Cegah Penularan Corona Lewat Udara di Ruang Tertutup
Siapa Orang yang akan Pertama Kali Disuntik Vaksin Covid-19?
Hindari Covid-19, Brigjen TNI Herman Minta Prajurit Tingkatkan Imun Tubuh
Doni Sebut Tak Masalah Corona Naik Asal Kematian Rendah
Tidak Ada Penambahan Kasus Covid-19 Riau, 1 Pasien Sembuh

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter