Home  / Iptek
Astronom Tangkap Objek Melengkung di Pusat Bima Sakti
Sabtu, 21 Desember 2019 | 21:03:18
Ilustrasi. (Antara/M Agung Rajasa)
JAKARTA - Tim astronom Amerika Serikat berhasil mendapatkan gambar baru sebuah objek berbentuk melengkung di pusat galaksi Bima Sakti.

Menurut pernyataan yang dirilis Universitas California, Los Angeles (UCLA) pada Kamis (19/12), objek tersebut menyerupai permen tongkat dan merupakan sebuah struktur magnetik yang mencakup wilayah sangat luas sekitar 160 tahun cahaya.

Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun, yang setara dengan hampir 9,6 triliun kilometer.

Gambar baru ini menunjukkan bagian dalam galaksi, yang menampung sekumpulan awan molekul raksasa terbesar dan terpadat di Bima Sakti, papar UCLA.

Awan besar dan sejuk ini mengandung gas dan debu padat yang cukup banyak untuk membentuk puluhan juta bintang seperti Matahari, kata Mark Morris, anggota tim peneliti yang berhasil merekam gambar tersebut.

"Permen tongkat ini adalah objek magnetik yang di dalamnya kita dapat benar-benar melihat garis medan magnet yang diterangi oleh emisi radio," kata Morris. "Hal baru yang diungkapkan oleh gambar ini adalah bahwa salah satu filamen disimpulkan mengandung elektron-elektron berenergi sangat tinggi, yang asalnya masih menjadi topik menarik dan belum terpecahkan."

Untuk menghasilkan gambar baru tersebut, para astronom menggunakan kamera 2 mm NASA yang disebut GISMO, berikut teleskop radio 30 meter yang berada di Pico Veleta, Spanyol.

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Warga Terkonfirmasi Covid-19, Dua Objek Wisata Andalan Kuansing Ditutup
New Normal, Pemkab Siak Akan Buka Kembali Tempat Wisata
Wali Kota Bogor Bima Arya Positif Corona Sepulang dari Turki
Libur Akhir Tahun, Objek Wisata Guruh Gemurai Didatangi 1.500 Pengunjung
Komandan Task Force Briefing Peserta TNI dalam Latihan Staf Gema Bhakti 2019

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter