Home  / Iptek
Cara Melacak Ponsel yang Hilang
Kamis, 28 November 2019 | 13:16:29
(CNN Indonesia/Hesti Rika).
Ilustrasi ponsel.
JAKARTA - Kehilangan ponsel akan sangat menghambat kegiatan sehari-hari. Seluruh data personal seperti pesan singkat, kontak, foto, media sosial, bahkan akun perbankan tersimpan di dalamnya. Jika jatuh ke tangan orang yang salah, seluruh informasi pribadi Anda akan diketahui dan hal itu tentu sangat berbahaya.

Untuk menanggulangi peristiwa tersebut, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan saat ponsel hilang, yakni dengan melacak keberadaannya. Setiap jenis ponsel memiliki cara yang juga berbeda. Ponsel dapat dilacak lokasinya selama GPS ponsel dalam keadaan menyala. Berikut cara melacak ponsel iPhone dan juga Android.

Iphone

Ponsel Iphone yang hilang bisa dilacak dengan mudah apabila sebelumnya telah mengaktifkan fitur ini. Cara pertama, yaitu membuka tab Icloud pada Pengaturan. Kemudian pilih Find My Iphone untuk mengaktifkannya.

Jika ponsel hilang, gunakan perangkat Apple lainnya untuk mengakses aplikasi Find My apps kemudian masukkan email Icloud yang sama dengan ponsel yang ingin dicari. Anda juga dapat melacaknya melalui desktop dengan membuka situs https://www.icloud.com/find.

Jika telah berhasil menemukan lokasi ponsel, selanjutnya ada beberapa fitur yang dapat digunakan. Apabila lokasinya tak terlalu jauh, Anda dapat membunyikan suara yang dapat mempermudah saat mencari.

Mode Hilang atau Lost Mode juga dapat diaktifkan jika dirasa ponsel terlampau jauh untuk dijangkau. Dilansir dari CNET, ponsel akan otomatis terkunci dan tetap mengirimkan lokasi sehingga siapapun yang menemukan tak dapat membukanya. Telepon maupun FaceTime yang masuk juga tetap akan berbunyi.

Android

Ponsel Android yang hilang juga dapat dilacak keberadaannya. Cara mudah yang dapat dilakukan adalah membuka browser pada komputer atau perangkat lain yang juga menggunakan email Google yang sama. Kemudian cari 'Find my phone' di kolom pencarian Google dan Anda akan menemukan informasi tentang ponsel Anda yang hilang. Anda juga dapat mengakses android.com/find. Informasi tersebut berupa lokasi, daya baterai, dan nama wifi yang tersambung.

Jika lokasinya tak terlalu jauh, Anda dapat membunyikan ponsel selama lima menit walau ponsel dalam keadaan mode diam.

Anda juga dapat mengirimkan pesan yang akan muncul di layar ponsel sehingga siapapun yang menemukannya dapat mengetahui bahwa ponsel tersebut sedang dicari. Di menu yang sama, pilih 'Secure Device'. Kemudian masukkan recovery message yang ingin disampaikan pada orang yang menemukan ponsel dan juga nomor telepon yang dapat dihubungi. Ponsel akan otomatis terkunci namun tetap dapat menerima panggilan masuk.

Jika tak bisa mengakses komputer, gunakan ponsel Android lainnya dan coba buka aplikasi Find My Device yang dapat diunduh melalui Play store.

Cek Google Maps

Aplikasi Google Maps biasanya digunakan pada ponsel iOS maupun Android. Ponsel dapat dilacak apabila terpasang email Google. Selanjutnya untuk tampilan yang lebih mudah dibaca, buka situs maps.google.com/timeline. Pada halaman tersebut akan terlihat rute dan lokasi mana saja yang telah dilalui oleh ponsel tersebut. 

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pelaku Jambret Polsel Ditangkap Polisi, Satu Masih Buron
Jumlah Kasus Cedera Karena Ponsel Meningkat Tajam
Pil Pahit dari Jokowi: Pejabat Eselon III-IV Musnah!
Bayi-Bayi yang Pernah Bicara, Nomor 4 Penyelamat Nabi Yusuf
Tjahjo Resmi Teken Surat ‘Membonsai’ Pejabat Eselon

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad