Home  / Iptek
Hati-hati! Ada Virus Berbahaya Ransomware Mengincar HP Kamu
Selasa, 30 Juli 2019 | 22:05:49
Foto: CNBC
JAKARTA - Perusahaan security internet, ESET menemukan ransomware baru yang menyerang sistem operasi Google Android menggunakan pesan singkat (SMS). Ransomware tersebut diberi nama Android/Filecoder.C.

Ransomware ini menyebar di forum online termasuk Reddit dan forum XDA Developer. Cara distribusinya dengan memikat korban melalui konten pornografi yang menyamarkan domain dengan tautan bit.ly yang memiliki malware berbahaya, seperti dikutip CNBC Indonesia dari ZDNet, Selasa (30/7/2019).

Setelah diinstal pada perangkat Android, Filecoder menjarah daftar kontak korban dan mengirim pesan teks ke setiap peserta. Tautan ini diiklankan sebagai aplikasi yang tampaknya menggunakan foto-foto kontak, sedangkan pada kenyataannya, itu adalah aplikasi jahat yang menyimpan ransomware.

Jika tautan diklik dan aplikasi jahat dipasang secara manual, tautan itu akan sering menampilkan materi seperti simulator seks. Namun, tujuan sebenarnya berjalan diam-diam di belakang layar.

Techradar melaporkan, ransomware tidak mengenkripsi semua file yang ada, virus jahat ini masih menyisakan file berukuran di atas 50 MB serta foto dengan ukuran di bawah 150KB. File yang dienkripsi juga banyak yang terkait dengan sistem operasi Android.

Tidak seperti ransomware Android biasa, Android / Filecoder.C tidak mencegah pengguna mengakses perangkat mereka dengan mengunci layar. Selain itu jumlah tebusan ditetapkan secara acak sesuai dengan userID random. Tebusan dibayarkan dalam uang digital (cryptocurrency).

Untuk mencegah jatuhnya korban ransomware, ESET merekomendasikan agar selalu memperbarui perangkat, hanya unduh aplikasi dari Google Play atau sumber terpercaya lainnya, jangan sembarang gunakan dan gunakan solusi keamanan seluler untuk melindungi perangkat.

Ransomware merupakan sejenis virus sejenis malware yang mampu mengambil alih perangkat dan mencegah penggunanya untuk mengakses data hingga tebusan dibayarkan.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Awas, Virus Jahat Ini Bisa Install Ulang Otomatis di Android
Aturan IMEI Terbit, April 2020 HP BM Tak Bisa Lagi Dipakai
RUU KUHP Buat Turis Asing Batal ke Bali, Malah Pilih Thailand
Demo di Depan DPR, Ribuan Mahasiswa Tutup Jalan Gatot Subroto
Waspada! Joker, Virus Kejam Incar Ponsel Android Pengguna RI

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad