Home  / Iptek
Google Itu Mengerikan, Dia Tahu Detail Tentangmu!
Senin, 22 Juli 2019 | 13:53:35
Foto: Arina Yulistara
JAKARTA - Menggunakan aplikasi Google itu harus hati-hati. Misalnya saja, Google Maps. Selain bisa mengetahui rute terbaik dan lokasi suatu tempat, pengguna juga bisa mengetahui arah pastinya suatu tujuan karena aplikasi ini akan mendampingi pengguna selama perjalanan.

Namun, anak perusahaan Alphabet Inc. ini secara tidak langsung menjadi yang paling mengetahui detail tentang kebiasaan masyarakat?

Mengutip CNBC International, Senin (22/7/2019) saat seseorang menggunakan aplikasi Google Maps, perusahaan tidak hanya menyimpan salinan data perjalanan pengguna serta waktu pasti keberangkatan dan tiba. Namun, Google juga bisa menyimpan salinan foto yang seseorang ambil di setiap lokasi.

Hal ini pun jelas tercantum dalam kebijakan privasi pengguna, di mana Google mengatakan akan menggunakan riwayat lokasi pengguna untuk membuat peta pribadi ke mana seseorang pergi dengan perangkat yang terhubung. Bahkan ketika seseorang itu tidak menggunakan layanan Google tertentu.

Perusahaan juga mengatakan bahwa mereka akan menggunakan data pengguna untuk menyediakan "pencarian peta dan rute perjalanan yang ditingkatkan, serta membantu Anda menemukan kembali tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi dan rute yang telah Anda tempuh."

Namun, jangan khawatir, Anda juga bisa membuat Google berhenti melacak riwayat lokasi Anda. Berikut cara yang bisa dilakukan:

* Pertama, buka myaccount.google.com/privacycheckup. Ini merupakan laman bookmark, memberi Anda kontrol atas berbagai pengaturan privasi.

* Lalu cari "Riwayat Lokasi" dan buka "Kelola Riwayat Lokasi". Di dalam sana akan terpampang riwayat perjalanan Anda.

* Selanjutnya ketuk "Kelola Riwayat Lokasi" di bagian bawah layar dan ubah pengatuannya menjadi mati. Dengan demikian, selanjutnya Google tidak akan bisa menyimpan riwayat Anda lagi.

Sementara itu, untuk menghapus riwayat, Anda bisa melakukan tahapan di bawah ini:

* Ketuk tombol pengaturan "Location History" pada peta.

* Pilih "Hapus semua riwayat lokasi".

* Lalu, matikan Web & App Activity. Kecuali Anda ingin Google kembali merekam jejak perjalanan Anda. Dalam kebijakan Web & App Activity, perusahaan mengatakan akan menggunakan data pengguna untuk memberi rekomendasi yang lebih baik, dan lebih banyak pengalaman yang dipersonalisasi di Maps, Search, dan layanan Google lainnya.

Untuk mematikan aktivitas web dan aplikasi (Web & App Activity), lakukan ini:

* Buka myaccount.google.co/activitycontrols

* Pilih matikan "Web & Activity".

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Mabes TNI Peringati Tahun Baru Islam 1441 H / 2019 M
Ditinggal Ibunya Tidur, Bocah Usia 5 Tahun Tembak Adiknya yang Berusia 4 Tahun
Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Map
Ini Syarat Bagi Pelamar Berusia 40 Tahun untuk Jadi PNS
Peringati Tahun Baru Islam 1441 H, Ribuan Warga Padati Lapangan Tugu Bengkalis

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad