Home  / Iptek
‘Diceraikan’ Google, Huawei Dekati Rusia Soal OS Avrova
Jumat, 21 Juni 2019 | 23:16:06
(REUTERS/Dado Ruvic)
Foto: Huawei
JAKARTA - Rumor Huawei Technologies mempertimbangkan penggunaan operating system (OS) dari Rusia untuk menggantikan Google Android ternyata bukan isapan jempol belaka.

Raksasa teknologi China ini akan memulai pembicaraan dengan pejabat di Kementerian Komunikasi Rusia pada akhir 2019 atau awal 2020 tentang kemungkinan menggunakan OS Rusia Avrova, Kantor Berita RIA melaporkan mengutip seorang wakil menteri komunikasi Rusia, dikutip Reuters dan dilansir CNBC Indonesia, Jumat (21/6/2019).

Huawei memang mencoba untuk mencari OS alternatif karena mulai 19 Agustus 2019, Google Android tak akan mengirimkan update dan melisensi perangkat ponsel Huawei.

Huawei sudah mengonfirmasi mengembangkan OS mandiri. Rumornya akan menggunakan nama Hongmeng di China dan ARK untuk Eropa dan di beberapa negara. peluncuran pertama akan dilakukan di China.

Wakil Presiden Urusan Publik dan Komunikasi Huawei Technologies Andrew Williamson mengatakan Huawei 'sedang' mempersiapkan merek dagang Hongmeng, yang kemungkinan telah diluncurkan kepada 1 juta perangkat di China.

"Huawei sedang dalam proses meluncurkan pengganti [Android]," ujar Andrew Williamson. "Hal ini sebenarnya bukan sesuatu yang diinginkan Huawei. Kami sangat senang menjadi bagian dari keluarga Android, tetapi Hongmeng sedang diujicobakan, sebagian besar di Tiongkok. Saya percaya [Hongmeng] sudah diluncurkan ke lebih dari satu juta perangkat."

"Sepertinya kita akan mencoba untuk menempatkannya sebagai merek dagang," tambahnya.

Menurut Global Times, OS Huawei baru ini dikembangkan bersama dengan perwakilan Tencent, Oppo dan vivo. Mereka mengklaim bahwa OS-nya sekitar 60% lebih cepat daripada Android milik Google.

Alasan utama untuk peluncuran yang pertama kali dilakukan di China adalah bahwa OS tidak akan memenuhi persyaratan audiens Internasional, sehingga Huawei harus sedikit mundur pada peluncurannya.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tendang Kemaluan Sang Pacar, Akhirnya Bunga Lolos dari Pemerkosaan
Partai Nasdem Lempar Sinyal Siap Jadi Oposisi...
Kapten Inf Fadhil Sosialisasi Bijak Gunakan Medsos Kepada Babinsa dan Istri
Kepsek SMAN 1 Kepenuhan Lantik Pengurus Organisasi Sekolah
Baksos Kesehatan Polda Riau, Bhayangkari Inisiasi Ruang Kelas Aman Asap

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad