Home  / Iptek
Alumni UIN Suska Riau Raih Peringkat 1 Penerjemah Bahasa Arab se Indonesia
Jumat, 29 Maret 2019 | 23:00:33
(foto: dokumentasi pribadi)
Rifki Abdi, alumni UIN Suska Riau, peraih peringkat satu penerjemah bahasa arab nusantara, yang diselenggarakan oleh Forum Da’i Nusantara.
PEKANBARU, riaueditor.com - Alumni jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Suska Riau, Rifki Abdi, berhasil meraih peringkat satu mutarjim atau penerjemah bahasa arab se Indonesia yang diselenggarakan oleh Forum Da'i Nusantara, di Jakarta.

Sebelum akhirnya meraih peringkat satu mengalahkan peserta lainnya, ada beberapa tahapan yang harus dilewati Rifki. Mulai dari seleksi berkas hingga melakukan wawancara bahasa arab secara online sebanyak dua kali.

"Berkas awalnya yang ngumpul 90, yang diterima 54 orang, dan alhamdulillah juara satu," ucapnya, Rabu (27/3).

Ia mengatakan bahwa prestasi penerjemah tingkat nasional ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa dari seorang penerjemah. Rifki mengaku, banyak peserta lain yang lebih hebat darinya, namun untuk saat ini keberuntungan berpihak kepadanya.

"Ini merupakan prestasi jadi penerjemah. Banyak peserta lain lulusan timur tengah dan keberuntungan lagi berpihak," tutur alumni UIN Suska Riau yang baru lulus pada bulan Januari lalu.

Selanjutnya Rifki menyebutkan, nantinya ia akan menjadi pendamping sekaligus penerjemah ceramah Syekh dari Palestina yang akan roadshow dari masjid ke masjid, dengan tujuan penggalangan dana untuk saudara muslim yang ada di Palestina.

"Jadi nanti akan menerjemahkan ceramah Syekh dari Palestina. Syekh nya belum dikasih tau. Syekh tersebut akan bercerita seputar Palestina terkini," tambahnya.

Berdasarkan cerita Rifki, Ia selalu tertantang untuk mengikuti penerjemahan bahasa arab, sesuai dengan jurusannya. Pada saat ia mendapatkan informasi penerjemah tingkat nasional tersebut, ia belajar sungguh-sungguh dan sering mendengarkan Syekh Palestina berceramah.

Rifki berharap, melalui prestasi yang diraihnya dapat membawanya memperoleh beasiswa magister ke Timur Tengah.

"Semoga ini salah satu jalan menuju beasiswa ke Timur Tengah untuk mendalami Bahasa Arab," tutupnya.(MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pertama Sejak 2009, Messi dan Ronaldo Juara Liga Bersamaan
Kalahkan Persebaya, Arema Juara Piala Presiden 2019
Prajurit TNI Siap Toreh Prestasi di Kejuaraan CISM di China
PDIP Sebut Ucapan Rizieq Soal Suap TPS di Arab Saudi Fitnah
Empat Atlet SOIna Asal Kepulauan Meranti Raih Juara Dunia

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad