Home  / Internasional
Kasus Covid-19 Meningkat, Masjid Al Aqsa Kembali Ditutup
Kamis, 17 September 2020 | 17:03:57
(AFP PHOTO / THOMAS COEX)
Kompleks Masjid Al Aqsa
JAKARTA - Kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem akan kembali ditutup sementara mulai Jumat (18/9), akibat lonjakan kasus virus corona (Covid-19) di Palestina dan Israel.

Penutupan itu rencananya dilakukan selama selama tiga pekan. Selama itu umat Muslim setempat tidak diperkenankan menunaikan ibadah di sana.

Keputusan itu diambil setelah pengurus kompleks Masjid Al Aqsa dan dinas kesehatan setempat menggelar rapat terkait kondisi kasus Covid-19 di Palestina dan Israel.

Pengurus Masjid Al Aqsa lantas memutuskan supaya kompleks itu ditutup sementara mulai Jumat petang waktu setempat selama tiga pekan.

"Kami berharap para penduduk bisa memahami aturan ini, supaya mereka tetap sehat dan sejahtera," kata salah satu anggota pengurus Masjid Al Aqsa, Hatem Abdel Qader, seperti dilansir AFP, Kamis (17/9).

Keputusan menutup sementara kompleks Masjid Al Aqsa juga bertepatan dengan pelaksanaan penguncian wilayah (lockdown) yang kembali dilakukan pemerintah Israel. Tentara Israel selama ini yang mengendalikan akses keluar masuk ke kompleks Masjid Al Aqsa.

Akan tetapi, pengurus Masjid Al Aqsa akan tetap mengumandangkan azan selama penutupan itu. Selain itu, hanya pengurus yang diberi pengecualian untuk bisa menunaikan ibadah di Masjid Al Aqsa selama lockdown.

Yordania adalah pihak yang menjadi juru kunci kompleks Masjid Al Aqsa, atau dikenal sebagai Haram al-Sharif. Masjid itu pernah menjadi kiblat pertama umat Muslim.

Ini adalah kedua kalinya pengurus Masjid Al Aqsa memutuskan menutup tempat ibadah itu sejak Israel menduduki Yerusalem dalam Perang Enam Hari pada 1967.

Pada Mei lalu, pengurus Masjid Al Aqsa juga menutup lokasi tersebut sebagai tindakan antisipasi penyebaran virus corona.

Masjid Al Aqsa. (AFP PHOTO / THOMAS COEX)

Sampai saat ini tercatat ada 30.200 kasus positif infeksi virus corona di Tepi Barat. Dari jumlah tersebut, sebanyak 214 pasien dilaporkan meninggal.

Sedangkan jumlah kasus positif infeksi Covid-19 di Israel mencapai 167 ribu orang, dengan 1.147 pasien di antaranya meninggal.

(AFP/CNNIndonesia)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pramuka SMAN 1 Lakukan Penyemprotan Disinfektan 7 Masjid di Kelurahan Kepenuhan
Laporan Lembaga Australia: China Hancurkan 16.000 Masjid di Xinjiang
Bhabinkamtibmas dan Pengurus Masjid Nurul Huda Desa Muda Setia Berikan Sembako ke Kaum Duafa
Bupati Alfedri Imbau Masyarakat untuk Makmurkan Masjid
Sejarah Chora Kariye, Bangunan Bekas Gereja yang Diubah Kembali Jadi Masjid oleh Erdogan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter