Home  / Internasional
Karhutla AS, Korban Tewas Bertambah Jadi 28 Orang
Minggu, 13 September 2020 | 17:26:56
(AP/Ringo H.W. Chiu)
Ilustrasi kebakaran hutan di Amerika Serikat.
JAKARTA - Korban meninggal dunia akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di California, Oregon, dan Washington, Amerika Serikat kini bertambah menjadi 28 orang hingga Minggu (13/9).

Kebakaran hutan ini sudah berlangsung sejak pertengahan Agustus lalu di tiga negara bagian yang terletak di pesisir barat AS itu.

Sebanyak 19 orang meninggal dunia di California, delapan orang di Oregon, dan seorang anak di Washington.

Selain korban meninggal, kebakaran hutan yang berkobar tiga negara bagian itu membuat puluhan orang dilaporkan hilang dan puluhan ribu penduduk mengungsi untuk menyelamatkan diri. Asap yang tebal dan tidak sehat juga mempersulit upaya evakuasi.

Ribuan orang telah meninggal rumah mereka di Oregon, termasuk Lori Johnson.

"Saya keluar tanpa kaus kaki, tanpa apa-apa - secara harfiah, hanya pakaian di badan kami," kata Johnson kepada stasiun televisi KATU, seperti dikutip CNN.

Menurut Badan Kebakaran Terpadu Nasional AS, di seluruh pesisir barat AS terdapat 97 titik api, termasuk 12 di Idaho dan sembilan di Montana. Pemantau kualitas udara memperingatkan bahwa asap itu membuat udara tidak sehat.

Dokter juga menyatakan asap tersebut membuat orang lebih rentan terhadap Covid-19, pandemi yang sedang berlangsung saat ini.

Pejabat setempat memperkirakan butuh waktu lama untuk menyetop kebakaran hutan yang terbesar dalam sejarah California itu. Suhu yang tinggi, angin yang kencang, dan sedikit hujan membuat api terus berkobar.

Kebakaran hutan di Oregon diperkirakan bakal berlangsung hingga musim hujan di musim dingin turun atau paling cepat pada Desember mendatang.

Belum lagi, petugas pemadam kebakaran terus berkurang karena kelelahan. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Hutan Los Angeles, Robert Garcia, mengatakan kepada CNN bahwa mereka saat ini hanya memadamkan kebakaran dengan 500 personel, padahal biasanya ada 1.000 hingga 1.500 orang.

(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Sambangi Tempat Keramaian Bhabinkamtibmas Polsek Pangkalan Kerinci Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan
118 ASN Terpapar Covid-19, Pemprov Riau Minta Pegawai Terapkan Protokol Kesehatan
Bupati Alfedri Letak Batu Pertama Pembangunan Pondok Pesantren Darul Hadist Sultan Yahya
Corona Menular Lewat Udara, Jaga Jarak Harus Lebih 1,8 Meter
Kebersamaan Prajurit Yonif 125 Bersama Warga Dalam Pembuatan Alat Musik Tradisional Papua

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter