Home  / Internasional
Kasus Narkoba, Eks Ratu Kecantikan Thailand Divonis 33 Tahun
Selasa, 25 Agustus 2020 | 08:04:42
Aktris sekaligus mantan Ratu Kecantikan Remaja Thailand, Amelia
JAKARTA - Aktris sekaligus mantan Ratu Kecantikan Remaja Thailand, Amelia "Amy" Jacobs (29), dijatuhi hukuman penjara selama 33 tahun empat bulan akibat terbukti menjadi bandar narkoba.

Seperti dilansir Asia One, Selasa (25/8), putusan itu dijatuhkan oleh Pengadilan Provinsi Min Buri pada 20 Agustus lalu.

Menurut keterangan wakil juru bicara Kepolisian Kerajaan Thailand, Jenderal Pol. Krisana Pattanacharoen, Amelia dan kekasihnya yang merupakan manajer pub, Poonyawat Hirantecha (41), ditangkap pada 19 September 2017 di sebuah rumah di distrik Sai Mai, Bangkok. Saat itu polisi menyita 70 gram sabu, 16 pil ekstasi dan sebuah timbangan.

Pada 28 Agustus 2018, Amy disangka terlibat dalam penyalahgunaan narkotika. Saat itu sang kekasih divonis penjara selama 25 tahun dan empat bulan, serta pidana denda sebesar 750 ribu Baht (sekitar Rp351 juta).

Hakim lantas sempat menjatuhkan pidana tiga bulan penjara kepada Amy, tetapi ditangguhkan, akibat terbukti menggunakan narkoba. Aktris berdarah Belanda-Thailand itu juga diwajibkan menjalani program rehabilitasi.

Akan tetapi, pada 20 Agustus lalu, hakim menyatakan Amy terbukti memperdagangkan narkoba, dan menjatuhkan hukuman penjara 33 tahun dan empat bulan. Dia juga dipidana denda 666.666 Baht (sekitar Rp312 juta).

Hakim lantas menerbitkan surat perintah untuk menangkap Amy. Namun, dia dilaporkan kabur ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), dua hari usai sidang vonis.

"Dari hasil penyelidikan terungkap bahwa Amelia pergi meninggalkan Thailand ke Dubai melalui Bandara Suvarnabhumi pada 22 Agustus 2019, menggunakan penerbangan EK 0385," kata Krisana.

"Pejabat imigrasi tidak menahan dia karena saat itu belum ada perintah penangkapan. Sampai saat ini belum ada catatan dia kembali," ujar Krisana.

(AsiaOne/CNNIndonesia)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
8 Kurir Narkoba Jaringan Internasional Ditangkap, Polisi Sita 4 Kg Sabu
Kali Ketiga Mahasiswa Geruduk Kantor Kejari, Minta Kasus Mobnas Ketua DPRD Pekanbaru Diusut Tuntas
Ditetapkan Tersangka, Sekda Yan Prana Jaya Langsung Ditahan Kejati Riau
Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif 642/Kapuas Kembali Amankan Pelaku Penyelundupan Narkoba
Rawat Riau Hijau, LSM Ingatkan Gubri Tak Lakukan MoU dengan PT Tambak Seraya

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter