Home  / Internasional
Ledakan Beirut Hancurkan 8.000 Bangunan Lebih
Rabu, 12 Agustus 2020 | 17:38:23
(Foto: AFP)
Badan PBB HRC menyebut jumlah bangunan yang hancur akibat ledakan di Beirut mencapai 8.000 lebih
BEIRUT - Ledakan dahsyat yang mengguncang pelabuhan Beirut, Lebanon, pada 4 Agustus lalu menghancurkan setidaknya 8.000 bangunan. Badan PBB High Relief Comission (HRC) menyatakan, fasilitas yang hancur termasuk 50 bangunan kuno.

Sekretaris Jenderal HRC Mohammed Khair, dikutip dari Anadolu, Rabu (12/8/2020), mengatakan, perhitungan nilai kerusakan akibat ledakan akan dirilis segera. Skala kerusakan di setiap dawrah berbeda-beda.

Selain menghitung kerusakan, HRC juga fokus menyalurkan bantuan dan penanggulangan bencana.

Ledakan dahsyat yang menghasilkan gempa bermagnitudo 3,3 itu diduga kuat disebabkan 2.750 ton amonium nitrat yang ditaruh di gudang pelabuhan.

Korban tewas mencapai 160 orang dan yang mengalami luka mencapai lebih dari 6.000 orang. Sebanyak 300.000 warga kehilangan tempat tinggal.

Seorang pejabat keamanan mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan melibatkan ahli dari Prancis, ledakan meninggalkan lubang kawah sedalam 43 meter di lokasi.

Sebelumnya foto satelit perusahaan teknologi Amerika Serikat Maxar mengungkap kondisi lokasi pelabuhan sebelum dan sesudah kejadian. Foto beresolusi tinggi menunjukkan perbedaan kontras sebelum dan setelah ledakan.

Foto setelah ledakan menunjukkan hampir semua bangunan di pelabuhan rata dengan tanah, hanya menyisakan tiga atau empat gudang yang tampaknya tidak utuh lagi. Di salah satu bagian tampak kawah yang sudah tertutup air laut. Lubang itu memang tak berada di daratan, melainkan di dermaga tempat bersandarnya kapal-kapal untuk bongkar muat barang.

Seorang analis dan ahli senjata perusahaan intelijen swasta yang berbasis di Texas, AS, Stratfor, mengatakan, berdasarkan analisis dari lubang serta kaca jendela yang tertiup, kekuatan ledakan itu setara dengan setidaknya 2,2 kiloton TNT.

(iNews.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ledakan Dahsyat Beirut Hancurkan Istana Berusia 160 Tahun
Banyak Warga Asing Hilang akibat Ledakan Lebanon, Umumnya Pekerja Pelabuhan
Terungkap! Pembeli Amonium Nitrat yang Sebabkan Ledakan Besar di Beirut
Diplomat Jerman Tewas dalam Ledakan Beirut
Korban Meninggal Ledakan Libanon Mencapai 135 Orang

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter