Home  / Internasional
Mahal Banget! Obat Covid-19 Remdesivir AS Rp 7 Juta/Botol
Senin, 29 Juni 2020 | 21:43:04
(AP/Ben Margot)
Foto: Gilead
JAKARTA - Gilead Sciences pada Senin (29/6/2020) mengumumkan pengobatan virus covid-19 dengan menggunakan Remdesivir mencapai US$ 3.120 atau Rp 43 juta dengan asumsi kurs US$ 1 = Rp 14.000. Ini merupakan 'harga' khusus di AS bagi pasien yang dicover asuransi komersil.

Perusahaan mengumumkan rencana penetapan harganya sebagai persiapan untuk mulai menagih obat pada bulan Juli. Gilead juga telah menyumbangkan dosis ke pemerintah AS untuk didistribusikan sejak menerima otorisasi penggunaan darurat pada bulan Mei.

Pembuat obat itu mengatakan akan menjual remdesivir seharga US$ 390 per botol ke pemerintahan "negara-negara maju" di seluruh dunia atau Rp 5,4 juta, dan harga untuk perusahaan asuransi swasta mencapai US$ 520 per botol atau Rp 7,2 juta.

Di AS sendiri, Gilead akan membebankan harga yang lebih rendah untuk program pemerintah.

Sebagian besar pasien yang diobati dengan remdesivir akan menerima terapi pengobatan lima hari menggunakan enam botol remdesivir.

Untuk biaya yang dibebankan ke pemerintah AS menjadi US$ 2.340 untuk pasien yang menjalani perawatan lima hari dan US$ 3.120 untuk pasien yang diasuransikan secara komersial.

"Pada tingkat kami telah menetapkan harga remdesivir dan dengan program pemerintah, bersama dengan bantuan Gilead tambahan sesuai kebutuhan, kami percaya semua pasien akan memiliki akses," CEO Gilead Daniel O'Day mengatakan dalam sebuah surat terbukanya dilansir CNBC International.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Polsek Pangkalan Lesung dan PT Musim Mas Lakukan Kerja Sama Antisipasi Karhutla di Wilayahnya
AS Catat 2.000 Kematian per Hari Akibat Covid-19, Terburuk dalam 3 Bulan Terakhir
Masjid Al Madhoun, Saksi Sejarah Masuk Islam Budak Penolong Nabi Muhammad
Amalkan Sholawat Adrikni, Insya Allah Bermimpi Rasulullah
Henna Bukan Hanya untuk Kecantikan, Rasulullah Menjadikannya Obat

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter