Home  / Internasional
Trump Sahkan UU Uighur, Buka Jalan untuk Sanksi China
Kamis, 18 Juni 2020 | 08:57:20
(AP/Alex Brandon)
Presiden Donald Trump mengesahkan Undang-Undang Hak Asasi Manusia Uighur pada Rabu (7/6), membuka jalan Amerika Serikat untuk menjatuhkan sanksi atas China.
JAKARTA - Presiden Donald Trump mengesahkan Undang-Undang Hak Asasi Manusia Uighur pada Rabu (7/6), membuka jalan Amerika Serikat untuk menjatuhkan sanksi atas China.

"UU ini akan menghukum pelanggar HAM, seperti penggunaan sistematis kamp-kamp indoktrinasi, kerja paksa, dan pengawasan ketat untuk menghilangkan identitas etnis dan kepercayaan religius Uighur dan minoritas lainnya di China," ujar Trump.

Sebagaimana dilansir AFP, undang-undang ini memberikan kewenangan bagi pemerintah AS untuk mendeteksi pejabat China yang bertanggung jawab atas "penahanan paksa, penyiksaan, dan kekerasan" terhadap kaum Uighur dan minoritas lainnya.

AS kemudian akan membekukan seluruh aset para pejabat tersebut yang ada di Negeri Paman Sam. Para pejabat itu juga dilarang masuk ke wilayah AS.

Kementerian Perdagangan AS pun nantinya harus melarang ekspor AS ke seluruh entitas yang ada di Xinjiang, termasuk para objek sanksi tersebut.

Saat prosesi pengesahan, Trump sempat menyatakan keberatan atas aspek teknis undang-undang itu yang memberikan kewenangan padanya sebagai presiden untuk menentukan penghentian sanksi terhadap individu.

Pemberlakuan legislasi ini diperkirakan bakal memicu amarah China yang sebelumnya sudah melontarkan protes atas RUU HAM Uighur.

China selama ini membantah laporan bahwa mereka menahan etnis Uighur di tempat-tempat layaknya kamp konsentrasi dan membatasi kehidupan mereka di Xinjiang. 

Beijing berdalih kamp-kamp tersebut merupakan tempat pelatihan vokasi untuk memberdayakan etnis Uighur dan minoritas Muslim lainnya agar terhindar dari ideologi ekstremisme dan terorisme.

(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Refly Harun: Kasus Harun Masiku Lebih Berbahaya dari Djoktjan
1,6 Juta PNS Bakal Dimutasi ke Desa, Kamu Sepakat?
Ike Muti Akhirnya Minta Maaf, Begini Respons Pemprov DKI
Komunitas Mobil Tua Surabaya Dukung Pangdam Putus Rantai Penyebaran Corona
Ike Muti Sampaikan Permintaan Maaf usai Disomasi Pemprov DKI Jakarta

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter